Ingat, Inilah Alasan Mengapa Kita Disarankan Menggendong Anak Di Sisi Kiri

DokterSehat.Com– Jika kita mencermati, kebanyakan orang tua akan memilih menggendong anak kecilnya di sisi kiri. Sebagian orang tua yang masih muda dan menggendong anaknya di sisi kanan bahkan dianggap sebagai hal yang aneh dan segera diminta untuk mengganti cara menggendong tersebut. Tak disangka, jika dilihat dari sisi kesehatan, menggendong anak dari sisi kiri ternyata memang sangat direkomendasikan oleh pakar kesehatan.

doktersehat-nutrisi-gizi-bayi-balita

Dalam sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Nature Ecology and Evolution, diketahui bahwa 70 hingga 80 persen orang tua ternyata memilih untuk menggendong anaknya di sisi kiri atau yang berarti kepala anak berada di sisi kiri tubuh orang tuanya. Hal ini ternyata bukanlah hal yang kebetulan atau didasari oleh rasa nyaman saat menggendong sehingga tangan kanan kita bisa dipakai untuk melakukan berbagai hal lainnya. Dalam penelitian tersebut, disebutkan bahwa tanpa kita sadari, manusia memang cenderung diprogram untuk menggendong anak di sisi kiri agar lebih nyaman dan aman.

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli yang berasal dari Universitas St. Petersburg, Rusia, ini menyebut fenomena ini dengan “bias sisi kiri”. Tak disangka, cara menggendong ini ternyata bisa membantu mempererat hubungan emosional antara orang tua dan anak. Menurut para peneliti, sisi kanan otak kita memiliki kemampuan dalam memproses informasi yang berkaitan dengan emosi dan juga raut wajah. Dengan menempatkan bayi di sisi kiri, maka kita pun akan lebih mudah sekaligus lebih baik dalam membaca ekspresi wajahnya sehingga akan lebih baik dalam mengetahui keinginan anak.

Tak hanya manusia, otak bagian kanan mamalia juga memiliki fungsi yang sama, yakni memproses isyarat sosial sekaligus membangun hubungan. Bagian otak ini juga menerima sinyal dari mata kiri kita yang tentu akan lebih cepat melihat raut wajah dan emosi yang dikeluarkan anak saat digendong di sisi kiri. Karena alasan ini pulalah beberapa jenis hewan layaknya kanguru, walrus, hingga paus pembunuh seringkali menempatkan anaknya di sisi kirinya saat mengasuhnya.