Ingat, Diet Tidak Harus Dilakukan Dengan Menyiksa Tubuh

DokterSehat.Com – Menurunkan berat badan memang menjadi hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Namun, dengan niat yang besar dan cara yang tepat, kita pasti bisa melakukannya. Sayangnya, masih banyak orang yang berpikir jika melakukan program diet harus dilakukan dengan menyiksa tubuh. Sebagai contoh, kita bisa melewatkan waktu makanan atau menurunkan porsi makanan dengan signifikan setiap harinya yang tentu membuat kita selalu merasa lapar. Padahal, diet sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang benar dan efektif seperti sebagai berikut.

doktersehat-diet-olahraga-metabolisme-tubuh

Bukan tentang mengurangi porsi makanan
Ada kesalahpahaman banyak orang yang berpikir jika diet berarti membatasi konsumsi makanan. Sebagai contoh, saat makan, kita sebaiknya menurunkan porsi hingga setengahnya saja. Padahal, menurut pakar kesehatan, diet justru bisa dilakukan dengan cara mengubah pemilihan makanan menjadi lebih sehat dimana sayuran dan buah-buahan menjadi makanan yang rutin kita konsumsi setiap hari. Hanya saja, memang kita harus lebih baik dalam menata jumlah kalori yang dikonsumsi.

Memilih makanan rendah kalori
Beberapa makanan yang kaya akan kalori dan bisa mengacaukan diet kita layaknya pizza jelas sebaiknya dikurangi andai kita memang ingin segera menurunkan berat badan. Hanya saja, andai kita memang sedang “terpaksa” mengkonsumsi makanan kaya kalori ini, segeralah mengkonsumsi makanan banyak serat agar memperlancar saluran pencernaan.

Mendapatkan asupan air putih yang cukup
Bukan hanya tentang mencegah dehidrasi, minum air putih dengan cukup juga akan membuat kita lebih baik dalam mengendalikan nafsu makan. Cobalah untuk meminum air putih sebelum makan agar kita tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Selain itu, cobalah untuk tidak meminum minuman manis.

Rutin berolahraga meskipun hanya olahraga ringan
Tak hanya tentang menata pola makan, diet juga harus dilakukan dengan melakukan olahraga, meskipun olahraga tersebut sangat ringan layaknya hanya berjalan kaki. Pakar kesehatan menyebutkan jika berjalan kaki mampu membakar kalori tubuh dengan efektif sehingga akan membantu keberhasilan program penurunan berat badan.