Ingat, Buah-Buahan Ini Sebaiknya Dibatasi Konsumsinya

DokterSehat.Com– Selain sayur, buah menjadi makanan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari karena memberikan begitu banyak manfaat kesehatan. Sebagai contoh, buah kaya akan berbagai kandungan vitamin, mineral, serat, atau bahkan antioksidan yang bisa membantu kelancaran saluran pencernaan sekaligus mencegah datangnya penyakit. Hanya saja, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada baiknya kita tidak sembarangan dalam mengkonsumsi buah karena ada beberapa buah yang ternyata memiliki kadar gula alami yang sangat tinggi. Jika kita mengkonsumsinya, maka dikhawatirkan kadar gula darah dalam tubuh akan meningkat dan memicu masalah kesehatan. Apa sajakah buah-buahan tersebut?

doktersehat-buah-sehat

Pakar kesehatan Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS, MSc, SpGK (K) yang berasal dari Departemen Medik Ilmu Gizi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo menyebutkan bahwa meskipun ada banyak buah yang memiliki rasa manis sehingga sangat nikmat untuk dikonsumsi, ada baiknya kita tidak mengkonsumsi buah-buahan yang terlalu manis seperti sawo, nangka, dan kelengkeng dengan berlebihan. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, dikhawatirkan kadar gula darah pada tubuh kita akan meningkat dan menyebabkan masalah kesehatan.

Dr. Fiastuti sendiri lebih menyarankan konsumsi buah jambu biji yang dianggap memiliki rasa manis yang tidak berlebihan namun memiliki banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Di dalam jambu biji sendiri kita bisa mendapatkan kandungan vitamin C dan serat yang sangat tinggi. Mengkonsumsi jambu biji secara rutin disebut-sebut akan membuat daya tahan tubuh kita menjadi semakin kuat.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan terbebas dari berbagai macam penyakit, dr. Fiastuti juga menyarankan kita untuk mengkonsumsi buah-buahan secara rutin setiap hari agar bisa memenuhi berbagai nutrisi sehat layaknya vitamin. Buah sendiri bisa dijadikan camilan sehat di waktu senggang yang tentu akan sangat nikmat untuk dikonsumsi sekaligus mencegah kita mengkonsumsi camilan tidak sehat.