Ingat, Begini Cara Agar Tidak Stress Meski Terkena Macet Saat Mudik

DokterSehat.Com– Menjelang datangnya Hari Raya Lebaran yang hanya tinggal beberapa hari saja ini, jalanan tentu akan menjadi semakin padat. Tak hanya karena banyaknya orang yang melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, banyak orang yang berlalu-lalang demi mempersiapkan perayaan Hari Raya Lebaran. Jika anda termasuk dalam orang-orang yang melakukan mudik di hari-hari dimana arus mudik sangat ramai seperti sekarang ini, maka anda harus pandai-pandai mengelola stress karena macet bisa saja datang sewaktu-waktu di tengah perjalanan.

doktersehat-tips-mudik-dengan-anak

Jika kita menggunakan kendaraan pribadi, maka ada baiknya kita mempersiapkan beberapa peralatan yang bisa membantu tubuh tetap rileks andai terkena macet layaknya alat pijat elektronik yang tinggal diisi baterai. Jangan lupa untuk menyalakan radio atau pemutar musik yang bisa membuat anda mendengarkan lagu-lagu favorit sembari menunggu jalanan yang sedang macet. Anda juga bisa bermain game di ponsel. Hanya saja, pastikan untuk membawa pengisi daya baterai portable agar ponsel anda tidak kehabisan daya.

Ada sebagian orang yang memilih untuk tetap berada di dalam mobil agar bisa merasakan suhu udara yang dingin. Namun, anda juga bisa keluar sambil menikmati suasana di luar atau melakukan peregangan di kala macet.

Pakar kesehatan dr. Andreas Prasdja, RPSGT yang berasal dari Rumah Sakit Mitra Kemayoran menyebutkan jika orang dewasa biasanya akan lebih memahami kondisi macet yang memang kerap terjadi di masa mudik seperti sekarang ini. Asalkan bahan bakar kendaraan tidak dalam kondisi yang kritis, mereka bisa tenang-tenang saja menunggu arus lalu lintas agar bisa lancar kembali. Hal yang berbeda dialami oleh anak-anak yang cenderung mudah bosan dan rewel saat macet. Jika hal ini dibiarkan, bisa jadi orang tua atau pengemudi justru akan stress melihat anak yang rewel.

Baca Juga:  Saat Stress, Ada Baiknya Kita Menghindari Makanan dan Minuman Berikut Ini

Jika anak sudah mulai rewel, cobalah memberikan permainan atau buku yang anak sukai. Selain itu, cobalah untuk keluar dari mobil sebentar agar anak mendapatkan suasana baru yang tentu akan membuatnya menjadi lebih tenang.