Asam Valproat – Informasi Penting

DokterSehat.Com– Informasi penting yang perlu diketahui tentang asam valproat (Depakene, Stavzor) adalah sebagai berikut.

Asam Valproat

Jangan mulai atau berhenti mengkonsumsi asam valproat selama kehamilan tanpa saran dokter. Asam valproat dapat menyebabkan kerusakan pada janin, namun mengalami kejang selama kehamilan dapat membahayakan ibu dan bayi. Beritahu dokter Anda segera jika Anda hamil saat mengkonsumsi asam valproat untuk kejang.

Dalam kasus yang jarang terjadi, asam valproat telah menyebabkan kegagalan hati yang mengancam jiwa, terutama pada anak-anak di bawah usia 2 tahun.

Asam valproat juga menyebabkan kasus pankreatitis yang mengancam jiwa (radang pankreas). Pankreatitis dapat terjadi secara tiba-tiba dan gejalanya mulai terjadi bahkan setelah Anda menggunakan asam valproat selama beberapa tahun.

Carilah bantuan medis darurat jika orang yang meminum obat ini mengalami mual, muntah, sakit perut bagian atas, atau kehilangan nafsu makan, demam rendah, urin berwarna gelap, kotoran berwarna di tanah liat, atau penyakit kuning (kulit atau mata kuning). Gejala ini mungkin merupakan tanda awal kerusakan hati. Beberapa gejala ini mungkin juga merupakan tanda awal pankreatitis.

Anda mungkin memiliki pikiran tentang bunuh diri saat minum obat ini. Dokter Anda perlu memeriksa Anda pada kunjungan rutin. Jangan lewatkan janji temu yang dijadwalkan.

Laporkan gejala baru atau memburuk ke dokter Anda, seperti: perubahan mood atau perilaku, depresi, kegelisahan, atau jika Anda merasa gelisah, sikap bermusuhan, gelisah, hiperaktif (secara mental atau fisik), atau memiliki pikiran untuk bunuh diri atau menyakiti diri sendiri.

Asam Valproat – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5