Vaksin Hepatitis A dan B – Informasi Penting

Anda tidak harus menerima vaksin ini jika Anda alergi terhadap ragi atau neomycin (Mycafradin, Neo-Fradin, Neo-Tab), atau jika Anda pernah mengalami reaksi alergi yang mengancam nyawa terhadap vaksin apapun yang mengandung hepatitis A atau hepatitis B.

doktersehat-suntik-syringe-eutanasia-euthanasia-injeksi-injection-vaksin-palsu

Sebelum menerima vaksin ini, beritahu dokter jika Anda memiliki multiple sclerosis, gangguan pendarahan atau pembekuan darah, kejang, kelemahan sistem kekebalan tubuh, jika Anda mengambil pengencer darah, atau jika Anda alergi terhadap karet.

Vaksinasi hepatitis A dan hepatitis B dianjurkan untuk semua orang dewasa yang beresiko terkena hepatitis A atau B. Faktor risiko meliputi: memiliki pasangan lebih dari satu jenis kelamin dalam 6 bulan; menjadi laki-laki homoseksual; memiliki kontak seksual dengan orang yang terinfeksi; memiliki sirosis atau hepatitis C kronis; menggunakan suntikan intravena (IV); rutin menerima dialisis atau menerima transfusi darah; bekerja dalam perawatan kesehatan atau keselamatan publik dan sering terkena darah atau cairan tubuh yang terinfeksi; bekerja di bidang militer atau sering bepergian ke daerah berisiko tinggi; dan hidup dengan seseorang yang memiliki hepatitis A atau infeksi B. Pastikan Anda menerima semua dosis yang dianjurkan untuk vaksin ini. Jika Anda tidak menerima serangkaian penuh vaksin, Anda mungkin tidak sepenuhnya dilindungi terhadap penyakit ini.

Anda tidak harus menerima vaksin penguat jika Anda memiliki reaksi alergi yang mengancam nyawa setelah suntikan pertama.

Vaksin Hepatitis A dan vaksin hepatitis B tidak akan melindungi Anda terhadap infeksi hepatitis C atau E, atau virus lain yang mempengaruhi hati. Hal ini juga tidak akan melindungi Anda dari hepatitis jika Anda sudah terinfeksi virus ini, bahkan jika Anda belum menunjukkan gejala.

Melacak setiap dan semua efek samping Anda memiliki setelah menerima vaksin ini. Ketika Anda menerima dosis booster, Anda akan perlu untuk memberitahu dokter jika suntikan sebelumnya menyebabkan efek samping.

Baca Juga:  Hepatitis B - Pengobatan dan Perawatan di Rumah

Terinfeksi hepatitis A atau B jauh lebih berbahaya bagi kesehatan Anda daripada menerima vaksin untuk melindungi terhadap penyakit ini. Seperti obat lainnya, vaksin ini dapat menyebabkan efek samping, tetapi risiko efek samping yang serius sangat rendah.