Gemfibrozil – Informasi dan Peringatan untuk Kehamilan dan Menyusui

DokterSehat.Com– Beberapa hal yang perlu diketahui sebelum mengkonsumsi obat Gemfibrozil.  Anda sebaiknya tidak menggunakan obat ini jika Anda alergi terhadap gemfibrozil, jika Anda juga menggunakan repaglinide (Prandin), atau jika Anda memiliki penyakit kandung empedu, penyakit hati, atau penyakit ginjal berat.

Gemfibrozil

Segera hubungi dokter Anda jika Anda memiliki efek samping yang serius seperti rasa sakit yang tajam di perut bagian atas (terutama setelah makan), penyakit kuning (menguningnya kulit atau mata Anda), penglihatan kabur, sakit mata, atau melihat lingkaran cahaya di sekitar lampu, atau rasa sakit. Atau terbakar saat Anda buang air kecil.

Hindari mengonsumsi makanan yang tinggi lemak atau kolesterol. Gemfibrozil tidak akan efektif dalam menurunkan kolesterol Anda jika Anda tidak mengikuti saran makanan penurun kolesterol.

Hindari minum alkohol karena akan mengganggu perawatan Anda.

Yang pasti obat ini membantu kondisi Anda dan tidak menimbulkan efek berbahaya, darah Anda perlu sering diperiksa. Fungsi hati dan ginjal Anda mungkin juga perlu diperiksa secara berkala. Kunjungi dokter Anda secara teratur.

Apa yang harus saya diskusikan dengan dokter sebelum mengkonsumsi gemfibrozil (lopid)?
Anda seharusnya tidak menggunakan obat ini jika Anda alergi terhadap gemfibrozil, jika Anda mengalami:

  • penyakit hati
  • penyakit ginjal berat
  • penyakit kandung empedu
  • dan jika juga mengkonsumsi repaglinide (Prandin) untuk mengobati diabetes tipe 2

Kategori kehamilan FDA: C. Tidak diketahui apakah gemfibrozil akan membahayakan janin. Beritahu dokter Anda jika Anda hamil atau berencana untuk hamil saat menggunakan obat ini.

Tidak diketahui apakah gemfibrozil masuk ke dalam ASI atau jika bisa membahayakan bayi yang sedang menyusui. Anda seharusnya tidak menyusui saat mengkonsumsi gemfibrozil.

Gemfibrozil – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4