Infeksi Vagina – Ulasan Singkat

Infeksi vagina atau vaginitis adalah peradangan pada vagina yang menimbulkan discharge (cairan yang keluar dari vagina/ keputihan), bau, iritasi, atau gatal. Vaginitis sulit didiagnosis karena memiliki banyak penyebab. Wanita menggunakan berbagai obat bebas untuk mengobati rasa gatal, mengatasi discharge dan ketidaknyamanan pada kondisi ini.

infeksi vagina doktersehat

Vagina menciptakan lingkungannya sendiri dan menjaga keseimbangan antara bakteri normal yang memang ada di vagina dan perubahan hormonal di tubuh wanita. Vaginitis terjadi ketika ekosistem vagina telah diubah oleh obat-obatan tertentu seperti antibiotik, hormon, sediaan kontrasepsi (oral dan topikal), douching, perawatan vagina, hubungan seksual, penyakit menular seksual, stres, dan perubahan pada pasangan seksual.

Beberapa infeksi vagina ditularkan melalui kontak seksual, namun infeksi jamur mungkin tidak. Vaginitis berarti peradangan dan sering disebabkan oleh infeksi, namun mungkin karena perubahan hormonal (terutama saat seorang wanita mengalami menopause) atau karena lecet atau luka pada gadis muda. Beberapa infeksi dikaitkan dengan penyakit yang lebih serius.

Tiga jenis infeksi vagina berikut adalah yang paling sering terjadi. Penyebabnya sangat berbeda tetapi tanda dan gejala mereka serupa, dan perawatan dari tiga ini kondisi berbeda-beda.

  1. Bakterial vaginosis
  2. Infeksi jamur vagina
  3. Trikomoniasis

Banyak wanita sering keliru mengira mereka memiliki “infeksi jamur” dan mengobati diri mereka sendiri padahal sebenarnya mereka memiliki infeksi vagina serupa yang tidak akan merespon  pengobatan sendiri dengan obat jamur yang dijual bebas. Sebuah penelitian oleh American Social Health Association menemukan bahwa 70% wanita mengidap infeksi vagina sebelum menghubungi penyedia layanan kesehatan. Paling sering, mereka secara tidak benar mengira mereka memiliki infeksi jamur, faktanya, infeksi tersebut adalah bakterial vaginosis atau kondisi lain.

Yang penting jika Anda mengalami infeksi vagina, mengalami keputihan terus menerus, gatal di area kemaluan, jangan menebak penyebabnya, tapi kenali gejalanya dan segera hubungi dokter Anda untuk mendapatkan pemeriksaan yang tepat dan dapatkan perawatan yang paling tepat dan efektif.

Infeksi Vagina – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6 7 8