Infeksi Torch Pada Ibu Hamil

DokterSehat.Com – TORCH merupakan akronim dari beberapa infeksi jenis penyakit bawaan yang akan berbahaya untuk janin bila diderita oleh ibu hamil, penyakit-penyakit ini dengan mudah akan menginfeksi janin dalam kandungan seorang ibu yang sedang hamil. Penyakit yang merupakan bagian dari TORCH terdiri atas virus dan juga beberapa bakteri.

19

Mari mengenal lebih lanjut tentang infeksi Torch pada Ibu hamil berikut :

  • Toxoplasma
    Toxoplasma berasal dari parasite Toxoplasma Gondii, biasanya berasal dari kucing, anjing, burung dan hewan peliharaan lain yang berbulu. Gejala Toxoplasma mirip dengan influenza, Ibu hamil terlihat kelelahan, demam dan bahkan tidak terlihat gejala yang berarti. Untuk itu diperlukan tes laboratorium di awal atau pertengahan masa kehamilan. Toxoplasma sangat berbahaya bagi janin karena bisa menimbulkan kecacatan pada janin, bayi lahir dalam keadaan meninggal atau terjadi keguguran.
  • Rubella
    Penyakit ini berasal dari virus Rubella, penyakit ini sama bahayanya dengan Toxoplasma yakni bisa menyebabkan kematian pada janin, keguguran dan kelainan pada janin jika janin tersebut sudah lahir. Gejala yang terlihat dari Ibu hamil yang terkena virus Rubella adalah timbul ruam pada kulit, demam, pembesaran kelenjar getah bening.
  • Citomegalovirus
    Ibu hamil yang terserang virus ini juga bisa membahayakan janin karena berakibat pada janin setelah dilahirkan, misalnya pembesaran hati, penyakit kuning, ketulian dan lain-lain. Meski tidak selalu tertular, namun alangkah baiknya jika Anda melakukan cek laboratorium di masa kehamilan.
  • Herpes simpleks
    Berasal dari virus herpes simplek dan tanda-tanda fisik yang terlihat dari bayi yang dilahirkan oleh Ibu yang terkena virus ini adalah kulit bayi melepuh.

Penyebab terjadinya torch

Infeksi Torch pada Ibu hamil terjadi akibat pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Misalnya, makan daging setengah matang atau masih mentah, makan makanan yang sudah terkontaminasi dengan binatang peliharaan seperti kucing, anjing, burung dan hewan berbulu lainnya. Sayuran dan bahan makanan lain yang tidak dicuci dengan bersih.

Baca Juga:  Hati-Hati Gejala Diare Pada Ibu Hamil

Infeksi Torch pada Ibu hamil bisa dicegah dengan cara menjaga pola hidup dan pola makan yang sehat, pemeriksaan laboratorium merupakan cara yang paling tepat untuk mendiagnosa apakah Anda terserang Torch atau tidak. Infeksi Torch ini tidak bisa dianggap enteng karena dapat berakibat fatal bagi janin seperti abortus, kelainan pada janin dan kematian janin.