Infeksi Telinga pada Anak-anak

DokterSehat.Com – Infeksi telinga sering terjadi pada anak-anak, setidaknya sekali sebelum memasuki usia 2 tahun. Hal ini karena pipa penghubung antara saluran hidung dan telinga yang terdapat pada anak-anak umumnya memiliki letak yang lebih horizontal dengan jarak yang lebih pendek, dibanding pada orang dewasa. Akibatnya apabila ada produksi lendir di hidung baik karena flu ataupun alergi, lendir dapat terperangkap di saluran tersebut & menjadi tempat tumbuhnya bakteri. Infeksi telinga bagian tengah ini dapat menyebabkan timbulnya demam & rasa nyeri pada bagian telinga.

13

Terinfeksinya telinga anak-anak dengan bakteri-bakteri ini dapat menyebabkan anak-anak merasakan sakit pada telinga mereka. Rasa sakit ini disebabkan oleh peradangan pada telinga anak-anak tersebut. Jika rasa sakit ini dibiarkan, maka tidak lama kemudian demam akan muncul. Tegakah Anda melihat anak-anak Anda diserang dari satu penyakit ke penyakit lain, Ladies?

Jika anak-anak Anda telah mulai memperlihatkan gejala-gejala infeksi telinga, Anda harus segera membawa mereka ke dokter anak Anda. Dokter akan dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut pada anak-anak Anda agar penyakit apa yang sebenarnya diidap oleh anak Anda dapat segera diketahui.

Jika anak-anak Anda memang benar hanya terkena infeksi telinga, dokter biasanya akan memberikan beberapa macam antibiotik untuk diminum anak-anak Anda setiap hari sesuai dosis yang dianjurkan. Antibiotik-antibiotik harus diberikan hingga habis meskipun infeksi telinga anak-anak Anda sudah mereda. Hal ini harus dilakukan seperti itu agar infeksi tersebut benar-benar sembuh dan nantinya tidak akan kembali lagi menginfeksi telinga anak-anak Anda.