Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita, Berbahayakah?

DokterSehat.Com – Infeksi saluran kemih merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi pada wanita, rasa tidak nyaman dan bahkan terkadang sakit menjadi penghalang aktivitas sehari-hari. Bahkan tidak jarang infeksi saluran kemih pada wanita ini menimbulkan demam. Sebenarnya apakah penyebab infeksi saluran kemih ini?



Sebagaimana umumnya, infeksi disebabkan oleh mikroorganisme dan virus yang masuk ke dalam tubuh. Pada kondisi daya tahan tubuh melemah misalnya pada kondisi stress, kelelahan, maka infeksi akan mudah terjadi. Infeksi saluran kemih sebagian besar disebabkan oleh bakteri. Meskipun demikian, beberapa jenis virus juga dapat mengakibatkan infeksi pada saluran kemih.

Tanda-tanda kemingkinan infeksi saluran kemih :

1. Adanya sensasi seperti terbakar saat buang air kecil.

2. Merasa ingin buang air kecil lebih sering dari biasanya.

3. Merasa ingin buang air kecil tapi tidak bisa keluar

4. Air seni yang keluar hanya sedikit

5. Air senih keru, berbau, dan berdarah

Wanita cenderung lebih sering terinfeksi saluran kemih daripada pria karena bakteri dapat menjangkau kandung kemih dengan lebih mudah pada wanita ketimbang pada pria, panjang urethra pada wanita lebih pendek daripada urethra pada pria. Sehingga bakteri yang akan menyerang mempunyai jarak yang lebih pendek dan dekat untuk berjalan kesana.

Sensasi terbakar pada kandung kemih merupakan suatu hal yang paling sering dirasakan oleh penderita, hal ini tentu saja sangat menyiksa. Tidak sedikit penderita yang sampai tidak dapat melaksanakan aktivitas karena merasa tersiksa dengan rasa sakit yang diderita. Obat yang dapat diberikan kepada penderita infeksi saluran kemih adalah antibiotik.

Obat alami juga dapat diberlakukan pada kasus infeksi saluran kemih ini, salah satu obat yang dapat digunakan adalah konsumsi jus buah yang banyak mengandung vitamin C. Fungsinya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kemudian makanan kaya serat dan magnesium seperti brokoli juga bagus untuk dikonsumsi. Brokoli mengandung serat yang penting untuk membantu tubuh mengatasi infeksi. Magnesium juga merupakan salah satu bahan yang bermanfaat guna meningkatkan daya tahan tubuh menghadang infeksi. Pada kondisi fisik yang kurang bagus, magnesium juga dapat secara langsung membunuh bakteri ataupun kuman yang menginfeksi di dalam tubuh. Infeksi saluran kemih pada wanita sebenarnya juga dapat dicegah dengan pola hidup bersih dan pola makan seimbang.