Infeksi Prostat – Pengertian

Infeksi prostat adalah suatu bentuk dari peradangan prostat (prostatitis) akibat pajanan mikroorganisme dari luar. Infeksi prostat hanya merupakan sebagian kecil dari kasus prostatitis (radang prostat). Kasus infeksi prostat ini terdiri dari infeksi prostat akut dan kronis.

doktersehat-infeksi-prostat

Escherichia coli dan bakteri gram negatif lainnya menyebabkan infeksi prostat akut dan kronis.

Gejala infeksi prostat meliputi nyeri pangkal paha, disuria (sakit saat berkemih), nyeri ketika ejakulasi, penurunan jumlah air kencing; Dan mungkin termasuk demam, malaise, dan kekambuhan periodik gejala bahkan setelah perawatan.

Carilah perawatan medis jika timbul gejala, perawatan darurat jika demam atau ketidakmampuan untuk buang air kecil terjadi.

Diagnosis infeksi prostat atau prostatitis dibuat dengan mengidentifikasi penyebab (sebagian besar adalah bakteri) yang menginfeksi prostat.

Pengobatan infeksi prostat atau prostatitis biasanya antibiotik; Prostatitis kronis yang infeksius mungkin memerlukan perawatan antibiotik jangka panjang, dan infeksi berat mungkin memerlukan rawat inap dengan antibiotik intravena (melalui infusan).

Perawatan di rumah terbatas pada pengurangan rasa sakit. Pria dengan infeksi prostat atau prostatitis membutuhkan perawatan medis.

Tindak lanjut penting untuk memastikan hasil pengobatan yang memadai atau untuk merencanakan pengobatan tambahan jika infeksi muncul kembali.

Beberapa infeksi prostat tidak dapat dicegah, namun mengurangi risiko trauma atau cedera pangkal paha, menghindari penyakit menular seksual, dan tetap terhidrasi dengan baik adalah cara untuk mengurangi kemungkinan terkena prostatitis menular.

Prognosis prostatitis infeksius akut biasanya baik, namun prostatitis infeksius kronis sulit disembuhkan.

Kelenjar prostat adalah bagian dari sistem reproduksi pria, yang mengeluarkan cairan di mana cairan tersebut membantu jalannya sperma. Kelenjar berada di bawah kandung kemih dan mengitari uretra (saluran yang mengalirkan air seni dari kandung kemih keluar tubuh).