21

Infeksi Jamur Pada Kelamin Pria

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

DokterSehat.com – Banyak yang mengira bahwa masalah infeksi jamur hanya akan terjadi pada alat kelamin perempuan sehingga banyak kaum pria yang dengan santai menanggapi masalah infeksi ini. Namun, ternyata infeksi jamur ini juga bisa menyerang penis laki laki. Meski frekuensi kasus ini cukup jarang, adanya resiko bagi kaum pria membuat mereka tidak bisa lagi menyepelekan penyakit ini. Untuk itu, kaum pria harus mulai mempelajari gejala, penyebab, hingga resiko dari adanya penyakit infeksi jamur ini.

Jamur yang biasa menginfeksi kulit manusia, termasuk kelamin adalah Jamur Candida. Jamur ini dapat menginfeksi kulit yang justru cenderung sehat, hangat, ataupun lembab. Infeksi jamur ini bisa terjadi pada kaum pria yang cenderung melakukan hubungan seks dengan tidak aman serta tidak menjaga kebersihan penisnya dengan tidak baik. Penis yang sering berada dalam kondisi lembab ternyata memiliki resiko munculnya infeksi jamur ini.

Selain penjagaan kebersihan yang kurang baik, faktor resiko yang menjadi penyebab adanya gangguan infeksi jamur pada alat kelamin pria diantaranya adalah; penggunaan antibiotik dalam periode yang lama namun sistem kekebalan tubuh pria tersebut lemah, menderita diabetes, dan melakukan hubungan seks yang tidak aman dan juga tanpa menggunakan kondom.

Gejala awal dari infeksi jamur ini adalah terdapat ruam berwarna kemerah-merahan pada penis pria. Ruam ini kemudian diikuti dengan rasa gatal atau terbakar pada ujung penis. Gejala berikutnya adalah dengan adanya bengkak yang menyakitkan atau adanya kemunculan titik berwarna merah di ujung penis, yang kemudian diikuti dengan adanya bercak putih di ujung penis, beberapa kulit yang mengelupas dan saat melakukan buang air kecil akan terasa sakit dan terbakar.

Jika gejala ini dibiarkan, infeksi jamur ini bisa menyebar ke daerah sekitar selangkangan seperti paha, pantat, dan lain-lain. Meskipun infeksi jamur pada kelamin pria cenderung lebih mudah diobati, namun jika infeksi sudah semakin menyebar, ada baiknya dikonsultasikan ke dokter untuk mengetahui apakah penyakit ini dikarenakan infeksi jamur atau infeksi penyakit seksual yang ditularkan karena hubungan seks yang tidak sehat. Jika memang infeksi ini disebabkan karena jamur, pengobatan dengan krim atau salep dengan cara dioleskan ke infeksi dirasa sudah cukup. Namun, ada baiknya kaum pria juga mulai melakukan pencegahan dengan selalu menjaga kebersihan dari alat kelaminnya agar infeksi ini tidak terjadi.

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. nasikhin bawon

    Mau tanya dok, adakah obat atau salep untuk menghilangkn bercak putih seperti panu di kulit penis saya? Trmksh

    1. dr. Vanny Bernadus

      Kami tidak meresepkan obat disini untuk menghindari hal2 yg tidak diinginkan. Trims

  2. Rpratama

    Dok cara bedain infeksi jamur sama sifillis apa ya? Dilihat dri gejala kan hampir sama dok, gmn ya?

      1. aldi

        selamat malam dok. saya ingin bertanya di batang penis saya ada satu bintik seperti cacar air, penyakit apakah ini dan berbahaya kah dok dan harus pake obat apa. mohon petunjuknya Dok. terima kasih.

  3. awie

    malam dokter, saya ingin menanyakan di area batang penis saya terdapat luka lecet pd saat itu sy berobat ke puskesmas katanya itu infeksi jamur dan sy di kasih salep meconazole alhamdulillah luka nya sembuh, selang 1 minggu terdapat luka lecet baru dan di area yg sama tetapi sebelah kanan, tetapi terjadi pembengkakan dan luka lecet di skitar batang penis dan agak kemerahan sprti lecet yg trjdi sebelum nya. apa penggunaan salep cream masih ampuh untuk saya berikan? sudah 4 hari luka nya belum kering jg dokter.

    1. dr. Vanny Bernadus

      Ada riwayat hub sex bebas? Sebaiknya periksakan kembali ke dokter. Trims

  4. Felix

    Dok saya mau tanya saya belum di sunat, di ujung kulit penis saya terdapat bercak merah yang gatal apakah itu infeksi jamur dok trims

  5. agus

    sore dok, sy penderita jamur pd penis. dokter tlah memberikan obat minum spyrocon capsule 100mg (12 capsules)dan salep oles buat penis. stlah minum 4 capsule tyt uda hilang jamur pd penis saya, apakah saya hrs ttp minum trs obat spyrocon tsb dan ttp memakai salep oles nya? bagaimana cara mengetahui apakah jamur tsb benar2 tlah hilang alias sembuh? minta saran nya dr dokter.

    trims

  6. Edu

    Malam dokter saya kmrn habis dirawat selama 5 dirumah sakit mungkin saya kurang daerah kemaluan saya dan sering berkeringat tiba” kulit kemaluan bawah saya lecet, basah dan berlendir juga gatal di ujung penis saya kenapa ya dokter? Terima kasih

  7. anti

    mlm dok. saya anto umur 23 th. saya pnya msalah pada kelamin saya. kelamin saya selalu mengeluarkan cairan putih encer trus setiap kencing terasa gelik dok.
    tuh gejala infeksi jamur atau apa dok?
    tlng d bls y dok.
    terima kasih.

  8. Bagus wichaksono

    malam dok.
    saya punya masalah kelamin. sudah 3minggu di ujung penis saya terdapat bercak merah. tidak gatal, tidak perih, tidak bernanah, permukaannya rata tanpa bintik2. saya kuatir itu penyakit berbahaya. kira-kira itu penyakit apa ya dok? dan apa obat yg cocok?

  9. alief

    malam dok, saya penderita jamur pd penis. saya cari di internet tentang menyembuhkan jamur di penis, dengan cara menumbuk bawang putih sampai halus terus oleskan pd penis yang terkena jamur, tapi dok setelah saya coba rasanya itu panas sekali dok, terus cara seperti ini baik engga dok, klo engga sebaiknya dengan cara apa dok? trims

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat siang bapak,
      apakah sudah dilakukan pemeriksaan yang adekuat sehingga bapak tau bahwa penyebabnya adalah jamur? atau hanya berdasarkan pendapat teman-teman atau lingkungan disekitar bapak?
      penis merupakan alat vital untuk seorang pria dan seharusnya bapak tidak mencoba sesuatu yang baru yang tidak ada bukti ilmiahnya sama sekali untuk manfaatnya. penggunaan bawang putih tidak memiliki data ilmiah yang cukup untuk digunakan sebagai terapi jamur. bila anda menderita jamur tentu saja obatnya adalah antijamur.
      untuk hal ini, silahkan anda berkonsultasi dengan dokter terdekat agar dilakukan pemeriksan yang adekuat oleh dokter dan ditegakkan diagnosis apakah bapak menderita penyakit jamur atau disebabkan oleh sebab lain.
      terimakasih

      salam

  10. Daniel

    Sore dok, terima kasih untuk informasi artikelnya. Saya mau tanya dok, kalau dari penjelasan di atas dan beberapa situs lain juga seperti adanya ruam merah (tapi tidak bengkak), gatal sesekali dan terutama yang tidak sunat sepertinya saya ada jamur di area kepala penis, nah yang ingin saya tanyakan,

    1. kira-kira untuk awal pencegahan ini menggunakan salep anti jamur apa ya dok?
    2. Apakah obat jamur seperti ketokonazol ataupun itrakonazol bisa digunakan?
    3. Dan kalau bisa, apakah boleh langsung di oleskan langsung ke area yang timbul ruam tersebut, mengingat lokasi ruam di pinggir kepala penis (dan saya belum sunat).

    Maaf bila terlalu banyak pertanyaan dari saya, terima kasih :)

    Salam

    1. Dr. Eko

      Selamat malam Daniel, maaf kami tidak dapat menyimpulkan apakah anda terkena jamur hanya dari konsultasi online secara tertulis
      Karena kelanan kulit sifatnya sangat khas dan perlu untuk diperiksa (dilihat) secara langsung oleh Dokter
      dan maaf kami tidak dapat meresapkan obat tanpa menyimpulkan diagnosis dengan tepat

      Maaf bila kami belum bisa menjawab pertanyaan Bapak pada kesempatan ini
      Sebaiknya konsultasikan keluhan anda dengan DOkter umum atau Dokter Spesialis Kult dan Kelamin (SpKK) terdekat
      Terima kasih

      1. Daniel

        Terima Dr. Eko untuk informasinya. Dan kalau tidak keberatan, boleh di info kan alamat dan nomor yang bisa dihubungi, untuk dokter pria spesialis kulit dan kelamin yang berlokasi di Jakarta Barat. Saya cek di bagian Direktori Dokter rata-rata wanita. Agak malu soalnya :) Terima kasih :)

        1. Dr. Eko

          Selamat malam, sama-sama Pak Daniel
          benar, jika anda merasa malu atau risih, dapat berkonsultasi dengan dokter yang sama2 laki-laki
          maaf kebetulan saya tidak berdomisili di jakarta
          mungkin anda dapat menelpon rumah sakit yang dekat dengan kediaman anda, dapat ditanyakan adakah dokter SpKK yang laki-laki yg berpraktek disana
          Terima kasih

  11. Heru Septiyana M

    Selamat pagi dok,,mhon masukan dan arahan sedikit dari dokter karna di area pinggir kepala penis saya terdapat barisan bintik2 kecil rapih dan di hawatirkan ketika saya lihat gambar2 di google jika tidak segera di obati bintik bintik kecil itu berubah menjadi benjolan2 besar mengerut..menurut dokter penyakit seperti itu infeksi jamur atau bukan? Mhon penjelasan nya trimakasih

    1. Dr. Eko

      Selamat pagi Heru Septiyana
      Apa warna bintik-bintik yang muncul pada penis Bapak?

      Infeksi jamur ditandai dengan keluhan gatal yang makin parah bila lembab, kelainan kulit berupa plakat eritem, dengan tepi meninggi, atau bintik bintik yang tersebar bergerombol (hen and chicken pattern)

      kami belum bisa menyimpulkan dari keluahan yang bapak sebutkan, karena perlu dilihat secara langsung
      silakan periksa ke dokter terdekat
      Terima kasih

      1. Arie

        mlm dokter, sya sedang alami sakit (luka diujung/kulit penis). Gejala awalnya gatal,kemudian bengkak, kemudian sdikit kulit ari terkupas, dan skrg sdh bernanah pda bgian yg trkupas kulitnya. Bagian lainnya bengkak dan merah. Tolong bantu dok. bgaimna solusinya?. sya belum prnah brhubungan sex. trimakasih sblumnya dok.

  12. Arie

    mlm dokter, sya sedang alami sakit (luka diujung/kulit penis). Gejala awalnya gatal,kemudian bengkak, kemudian sdikit kulit ari terkupas, dan skrg sdh bernanah pda bgian yg trkupas kulitnya. Bagian lainnya bengkak dan merah. Tolong bantu dok. bgaimna solusinya?. sya belum prnah brhubungan sex. trimakasih sblumnya dok.

    1. dr. Eko B

      Selamat siang Arie
      keluhan yang anda alami dapat disebabkan oleh infeksi pada kemaluan
      dapat disebabkan karena kelembaban dan kebersihan yang kurang
      silakan periksa ke dokter karena kelainan kulit dan kelamin perlu dilihat secara langsung, dan agar diberikan obat
      terima kasih

  13. jalunia

    dok di kelamin saya ada bonjolan seperti jerawat, dan sekarang ada benjolan kecil2 seperti ada nananh ny dan agak gatal. kira2 kenapa ya dok? dan pencegahan bgmn

    1. dr. Eko B

      Selamat malam jalunia,
      maaf, apakah anda pernah melakukan hubungan seks yang berisiko?
      di sebelah mana muncul jerawat nya?
      apakah di kepala penis, batang penis, atau di kantung zakar?

      keluhan benjolan seperti jerawat salah satunya dapat disebakan karena muluskum kontagiosum
      silakan periksa ke dokter terdeakat karena kelainan pada kelamin sifatnya khas dan perlu diperiksa langsung
      Terima kasih

  14. Yudha

    Dok saya mau konsultasi …..tapi lebih enak bertemu langsung ….alamat saya di surabaya …..mohon petunjuknya dokter spesialis kelamin pria

    1. dr. Eko B

      Selamat malam Yudha, silakan anda menelpon ke rumah sakit terdekat yang ada di dekat rumah anda, dan dapat ditanyakan jadwal praktek Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
      Terima kasih

  15. Arie

    trimakasih infonya dr.,,adakah obatnya dijual di Apotek untuk gejala yg demikian?. dan kalau bisa mohon dibertahu nama obatnya. trimakasih skali lgi.

    1. dr. Eko B

      Selamat malam Arie
      sebaiknya diagnosis dari penyakit yang anda alami dipastikan dulu dengan diperisksa secara langsung ke dokter terdekat
      jika diagnosis sudah tepat, maka pengobatan yang diberikan juga akan manjur
      mohon maaf kami tidak dapat meresepkan obat secara online
      terima kasih

Leave a Comment