21

Infeksi Jamur Pada Kelamin Pria

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

DokterSehat.com – Banyak yang mengira bahwa masalah infeksi jamur hanya akan terjadi pada alat kelamin perempuan sehingga banyak kaum pria yang dengan santai menanggapi masalah infeksi ini. Namun, ternyata infeksi jamur ini juga bisa menyerang penis laki laki. Meski frekuensi kasus ini cukup jarang, adanya resiko bagi kaum pria membuat mereka tidak bisa lagi menyepelekan penyakit ini. Untuk itu, kaum pria harus mulai mempelajari gejala, penyebab, hingga resiko dari adanya penyakit infeksi jamur ini.

Jamur yang biasa menginfeksi kulit manusia, termasuk kelamin adalah Jamur Candida. Jamur ini dapat menginfeksi kulit yang justru cenderung sehat, hangat, ataupun lembab. Infeksi jamur ini bisa terjadi pada kaum pria yang cenderung melakukan hubungan seks dengan tidak aman serta tidak menjaga kebersihan penisnya dengan tidak baik. Penis yang sering berada dalam kondisi lembab ternyata memiliki resiko munculnya infeksi jamur ini.

Selain penjagaan kebersihan yang kurang baik, faktor resiko yang menjadi penyebab adanya gangguan infeksi jamur pada alat kelamin pria diantaranya adalah; penggunaan antibiotik dalam periode yang lama namun sistem kekebalan tubuh pria tersebut lemah, menderita diabetes, dan melakukan hubungan seks yang tidak aman dan juga tanpa menggunakan kondom.

Gejala awal dari infeksi jamur ini adalah terdapat ruam berwarna kemerah-merahan pada penis pria. Ruam ini kemudian diikuti dengan rasa gatal atau terbakar pada ujung penis. Gejala berikutnya adalah dengan adanya bengkak yang menyakitkan atau adanya kemunculan titik berwarna merah di ujung penis, yang kemudian diikuti dengan adanya bercak putih di ujung penis, beberapa kulit yang mengelupas dan saat melakukan buang air kecil akan terasa sakit dan terbakar.

Jika gejala ini dibiarkan, infeksi jamur ini bisa menyebar ke daerah sekitar selangkangan seperti paha, pantat, dan lain-lain. Meskipun infeksi jamur pada kelamin pria cenderung lebih mudah diobati, namun jika infeksi sudah semakin menyebar, ada baiknya dikonsultasikan ke dokter untuk mengetahui apakah penyakit ini dikarenakan infeksi jamur atau infeksi penyakit seksual yang ditularkan karena hubungan seks yang tidak sehat. Jika memang infeksi ini disebabkan karena jamur, pengobatan dengan krim atau salep dengan cara dioleskan ke infeksi dirasa sudah cukup. Namun, ada baiknya kaum pria juga mulai melakukan pencegahan dengan selalu menjaga kebersihan dari alat kelaminnya agar infeksi ini tidak terjadi.

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. setyo

    selamat siang dok,
    saya setyo
    bagian kelamin atau penis (batang dan ujung penis) mengalami peradangan.awal mula bengkak dan gatal dibagian kulub (kulit penis) terasa gatal seperti digigit semut setelah itu melepuh seperti kulit terbakar lalu lecet. sudah dikonsultasikan kedokter spesialis kulit & kelamin diberilah obat dalam dan obat luar berbentuk salep yang penggunaannya pada malam hari.
    yang saya tanyakan,pada siang hari dengan aktifitas tinggi untuk bagian penis apakah harus dibungkus perban?karna yg saya lakukan penis dibungkus perban,dan ketika perban dibuka dan mau diganti perban baru sehari sekali luka terbuka lagi dan susah untuk kering.jika tidak diperban luka terasa sakit tersentuh celana dalam.
    mohon solusinya dan terimakasih banyak sebelumnya.

    1. dr. Eko B

      Selamat Malam Pak Setyo
      pembalutan dengan kasa (perban) memiliki kelebihan dan kekurangan
      kelebihannya adalah mengurangi nyeri karena luka tidak bergesekan langsung dengan celana

      kekurangannya adalah bisa nyeri dan terkelupas saat mengganti kasa, dan dapat menyebabkan kelembaban sehingga luka sulit kering

      sebaiknya tidak perlu diperban, tetapi gunakan celana dalam dan celana yang longgar agar luka tidak banyak bergesekan dengan celana

      Terima kasih, semoga lekas sembuh

  2. robert harto

    selamat malam dok. nama saya roberto saya ingin konsultasi pada masalah yang saya alami sekarang. penis saya terasa gatal yang cukup mengganggu aktifitas keseharian saya lalu ada putih” dibagian selangkangan dan sekitas penis termasuk scrotum. jika saya garuk maka akan keluar cairan yang lengket seperti lendir terkadang juga sangat kering seperti iritasi. menurut prediksi saya itu adalah masalah jamur kandida. tapi saya tidak yakin benar atau salah. jika bener maka obat apa yang harus saya konsumsi atau salap apa yang bs digunakan untuk menghilangkan jamur itu dok? thx

    1. dr. Eko B

      Selamat Siang Robert
      anda termasuk cermat hingga dapat mencari informasi mengenai jamur candida
      Tetapi maaf kami tidak dapat meresepkan obat tanpa memeriksa secara langsung
      karena kelainan kulit sifatnya khas, dan pengobatnnya dalam jangka lama
      Silakan periksa ke Dokter umum atau DOkter Sp.Kulit dan Kelamin terdekat
      terima kasih

  3. Handi

    Siang Dok, saya handi. Mulai hari Minggu kemarin penis saya mulai terasa sakit. Pada kulit ujung penis (tidak disunat) ada bagian yang membengkak dan memerah yang bila di sentuh terasa sakit. Bagian itu juga seperti menjalar di sepanjang penis. Apakah ini termasuk balanitis? dan jika iya apakah ada cara untuk mengobatinya?

    1. dr. Eko B

      Selamat malam Handi, benar, keluhan yang anda alami dapat disebabkan karena infeksi dan peradangan pada kulit penis
      untuk pengobatan silakan anda periksa ke Dokter atau Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin terdekat
      maaf kami tidak dapat meresepkan obat secara online
      terimakasih

  4. Handi

    Selamat malam dok.
    Pada bagian yang merah di kulit penis sudah saya oleskan krim. Namun setelah beberapa kali pemakaian, lapisan kulit di penis mulai mengelupas dan dibawahnya kulit berwarna merah. apakah ini normal?

    1. dr. Eko B

      Selamat siang pak Hadi
      krim apa yang anda gunakan? apakah diperleh dari resep dokter?

      keluhan yang anda alami perlu diperiksa secara langsung
      silakan kontrol ke Dokter yang memeriksa anda
      terima kasih

  5. richard

    selamat malam dok saya merasa kebingungan dengan apa yang terjadi dengan alat kelamin saya, awal mulanya saya menderita benjolan bintik bintik mirip jerawat, dan ruam seperti lecet pada bagian batang kelamin saya, sesudah itu hilang dan tak berbekas sebulan kemudian saya mengalami panas dingin dan pembengkakan pada batang kelamin saya. akhirnya saya konsultasi kan kepada dokter rupanya saya hanya di beri obat dan salep, tidak lama seminggu kemudian sembuh. terasa tidak ada masalah apapun. namun setelah itu saya merasakan alat vital saya mengkerut pada kepala penis saya dan mengelupas seperti ganti kulit, apakah itu hanya efek dari salep yang saya gunakan ? apa bermasalah dengan yang lain ?

    terimakasih dok mohon bantuannya

    1. dr. Eko B

      Selamat malam Richard
      maaf, apakah anda pernah berhubungan seksual yang tidak aman?
      bila ya, sebaiknya diperiksakan ke Dokter Spesialis Kulit dan kelamin (SpKK)
      keluhan kulit mengeupas yang anda alami perlu diperiksa secara langsung
      terima kasih

  6. yudi

    selamat malam, saya 24 tahun, saya pernah melakukan sex dengan wanita yang gak jelas tp pakai kondom ,
    besoknya penis saya mulai mengeluarkan nanah, kadang bening kadang kuning, daerah penis sering lembab .
    sudah 2 bulan penyakit saya belum juga sembuh
    sekarang setiap bangun tidur dia mengeluarkan cairan ,
    saya sudah minum obat ini itu, sudah di bom pakai antibiotik tapi tetap saja gak sembuh
    di bantu dokter

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat pagi,
      anda meminum obat atas resep dokter atau tidak? karena anda membutuhkan obat yang dimasukkan melalui suntikan.
      penggunaan antibiotik secara tidak tepat hanya akan menyebabkan terjadinya kebal pada kuman dan akan semakin sulit untuk penyembuhan.
      terimakasih

  7. dian

    Pagi dok.. saya mau tanya.. knpa di sekitar kelamin saya mengalami gatal bgt dan itu sangat mengagu pada malam hari gatal itu semakin parah.. ada kaya kulit tebel itu lo dok..

    1. dr. Eko B

      Selamat Siang Dian
      maaf, anda laki-laki atau perempuan?
      apakah terdapat kemerahan pada kelamin anda?
      ataukah keluar lendir dari kemaluan anda?
      keluhan gatal dapat disebabkan karena jamur, silakan periksa ke Dokter terdekat
      terima kasih

  8. Avalanche Nouce

    Salam dokter, saya mau nanya kok di penis saya terus muncul smegma ya dok? Biasanya tidak ada. Saya pria tidak sunat, jadi biasanya saya 2 hari sekali saya buka kulit penis saya dan saya bersihkan smegmanya. Tapi sejak munculnya smegma ini kulit penis jadi agak susah dibuka dan sering luka karenanya.

    Dan juga kadang kulit diujung penis tiba” bengkak dan menebal sehingga kalau dibuka sering ada luka.

    Apakah itu terkena jamur dok? Untuk obatnya harus diberi apa ya dok? Apakah bisa saya konsumsi itraconazole atau fluconazole?

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat pagi bapak,
      apakah terasa nyeri? resiko yang paling sering muncul pada pria yang tidak disunat adalah infeksi pada ujung penis dan memang gejala yang anda rasakan merupakan tanda infeksi telah terjadi.
      infeksi tersebut dapat disebabkan oleh jamur maupun bakteri sehingga ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan langsung agar dapat diberikan obat seusai penyebabnya.
      terimakasih

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat pagi bapak,
      banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya kondisi lecet dan nyeri pada buah zakar.
      kami tidak dapat meresepkan obat tanpa melakukan pemeriksaan langsung terhadap keluhan yang bapak alami.
      saya sarankan memeriksakan diri kedokter terdekat untuk mengetahui penyebabnya dan terapi yang sesuai.
      hindari penggunaan celana yang terlampau ketat agar tidak menyebabkan gesekan antara buah zakar dgn celana.
      terimakasih

  9. Avalanche Nouce

    Nyeri sih tidak dok. Hanya terasa gatal apabila smegma banyak. Jadi saya bersihkan 3 -5 hari sekali. Saya bekerja didaerah yang terpencil di luar negri sehingga saya kesusahan untuk konsultasi ke dokter kulit dan kelamin. Sementara jatah saya pulang baru ada pada bulan september mendatang. Apakah ada cara untuk meringankan gejala nya dok?

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat pagi bapak,
      untuk terapi saya tidak bisa memberikannya tanpa pemeriksaan langsung. namun bila memang gejala yang dialami hanya gatal saja kemungkinan karena terkumpulnya smegma di celah antara ujung penis dan kulit.
      bersihkan secara teratur menggunakan air hangat agar lebih hiegenis sehingga munculnya smegma lebih lambat, hindari penggunaan pakaian dalam dalam jangka waktu yang lama bila perlu ketika pakaian dalam sudah terasa basah langsung diganti, hindari penggunaan pakaian yang ketat terutama yang berbahan jeans.
      terimakasih

  10. Dr. Yulia Evita

    selamat pagi bapak,
    boleh saya tau alamat artikel yng bapak baca?

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat malam baapak,
      setelah saya review artikel diatas memang beberapa pengobatan tradisional bermanfaat untuk mengurangi jamur namun bukan jamur dikemaluan. karena perbedaan jenis jamur yang menyerang kulit dan kemaluan sehingga mengkonsumsi hal seperti itu tidaklah memberi manfaat yang adekuat.
      terimakasih

  11. kapur bagus

    malam dok mau tanya, apakah infeksi jamur pada kemaluan pria ini berbahaya ketika melakukan oral seks? apakah akan menular? apa saja resikonya? terimakasih

    1. Dr. Yulia Evita

      penyakit jamur dikemaluan sifatnya menular pada partner seksnya baik melalui hubungan intim ataupun hubungan oral.
      terimakasih

  12. Jefri Budiono

    Selamat pagi dokter

    Saya pria tidak sunat,1 tahun terakhirdi ujung kulup sering adw luka2 yang menghilang sendiri dan di dalam kulup sering banyak smegma pdhl setiap hari saya buka dan sabuni,akhir2 ini juga ketika kencing terasa ada yang mau keluar dan geli,kencing debit normaldan geli ini bisa terasa di dalam anus itu karena apa ya dok?
    Terima kasih

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat pagi,
      kemungkinan infeksi karena anda tidak disunat.
      rajinlah membersihkanya hingga kedalam-dalamnya agar tidak mudah terkena infeksi.
      atau saya sarankan untuk melakukan khitan agar kemungkinan infeksi menjadi lebih sedikit
      terimakasih

Leave a Comment

Isi Angka Dibawah Untuk Menghindari Spam *