infeksi jamur kelamin

Infeksi Jamur Pada Kelamin Pria

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

DokterSehat.com – Banyak yang mengira bahwa masalah infeksi jamur hanya akan terjadi pada alat kelamin perempuan sehingga banyak kaum pria yang dengan santai menanggapi masalah infeksi ini. Namun, ternyata infeksi jamur ini juga bisa menyerang penis laki laki. Meski frekuensi kasus ini cukup jarang, adanya resiko bagi kaum pria membuat mereka tidak bisa lagi menyepelekan penyakit ini. Untuk itu, kaum pria harus mulai mempelajari gejala, penyebab, hingga resiko dari adanya penyakit infeksi jamur ini.

Jamur yang biasa menginfeksi kulit manusia, termasuk kelamin adalah Jamur Candida. Jamur ini dapat menginfeksi kulit yang justru cenderung sehat, hangat, ataupun lembab. Infeksi jamur ini bisa terjadi pada kaum pria yang cenderung melakukan hubungan seks dengan tidak aman serta tidak menjaga kebersihan penisnya dengan tidak baik. Penis yang sering berada dalam kondisi lembab ternyata memiliki resiko munculnya infeksi jamur ini.

Selain penjagaan kebersihan yang kurang baik, faktor resiko yang menjadi penyebab adanya gangguan infeksi jamur pada alat kelamin pria diantaranya adalah; penggunaan antibiotik dalam periode yang lama namun sistem kekebalan tubuh pria tersebut lemah, menderita diabetes, dan melakukan hubungan seks yang tidak aman dan juga tanpa menggunakan kondom.

Gejala awal dari infeksi jamur ini adalah terdapat ruam berwarna kemerah-merahan pada penis pria. Ruam ini kemudian diikuti dengan rasa gatal atau terbakar pada ujung penis. Gejala berikutnya adalah dengan adanya bengkak yang menyakitkan atau adanya kemunculan titik berwarna merah di ujung penis, yang kemudian diikuti dengan adanya bercak putih di ujung penis, beberapa kulit yang mengelupas dan saat melakukan buang air kecil akan terasa sakit dan terbakar.

Jika gejala ini dibiarkan, infeksi jamur ini bisa menyebar ke daerah sekitar selangkangan seperti paha, pantat, dan lain-lain. Meskipun infeksi jamur pada kelamin pria cenderung lebih mudah diobati, namun jika infeksi sudah semakin menyebar, ada baiknya dikonsultasikan ke dokter untuk mengetahui apakah penyakit ini dikarenakan infeksi jamur atau infeksi penyakit seksual yang ditularkan karena hubungan seks yang tidak sehat. Jika memang infeksi ini disebabkan karena jamur, pengobatan dengan krim atau salep dengan cara dioleskan ke infeksi dirasa sudah cukup. Namun, ada baiknya kaum pria juga mulai melakukan pencegahan dengan selalu menjaga kebersihan dari alat kelaminnya agar infeksi ini tidak terjadi.

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. nasikhin bawon

    Mau tanya dok, adakah obat atau salep untuk menghilangkn bercak putih seperti panu di kulit penis saya? Trmksh

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      Kami tidak meresepkan obat disini untuk menghindari hal2 yg tidak diinginkan. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. Rpratama

    Dok cara bedain infeksi jamur sama sifillis apa ya? Dilihat dri gejala kan hampir sama dok, gmn ya?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. awie

    malam dokter, saya ingin menanyakan di area batang penis saya terdapat luka lecet pd saat itu sy berobat ke puskesmas katanya itu infeksi jamur dan sy di kasih salep meconazole alhamdulillah luka nya sembuh, selang 1 minggu terdapat luka lecet baru dan di area yg sama tetapi sebelah kanan, tetapi terjadi pembengkakan dan luka lecet di skitar batang penis dan agak kemerahan sprti lecet yg trjdi sebelum nya. apa penggunaan salep cream masih ampuh untuk saya berikan? sudah 4 hari luka nya belum kering jg dokter.

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      Ada riwayat hub sex bebas? Sebaiknya periksakan kembali ke dokter. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. Felix

    Dok saya mau tanya saya belum di sunat, di ujung kulit penis saya terdapat bercak merah yang gatal apakah itu infeksi jamur dok trims

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. agus

    sore dok, sy penderita jamur pd penis. dokter tlah memberikan obat minum spyrocon capsule 100mg (12 capsules)dan salep oles buat penis. stlah minum 4 capsule tyt uda hilang jamur pd penis saya, apakah saya hrs ttp minum trs obat spyrocon tsb dan ttp memakai salep oles nya? bagaimana cara mengetahui apakah jamur tsb benar2 tlah hilang alias sembuh? minta saran nya dr dokter.

    trims

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      untuk obat minumnya, minum sampai habis. trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

Leave a Comment