Infeksi Jamur Pada Kelamin Pria

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

DokterSehat.com – Banyak yang mengira bahwa masalah infeksi jamur hanya akan terjadi pada alat kelamin perempuan sehingga banyak kaum pria yang dengan santai menanggapi masalah infeksi ini. Namun, ternyata infeksi jamur ini juga bisa menyerang penis laki laki. Meski frekuensi kasus ini cukup jarang, adanya resiko bagi kaum pria membuat mereka tidak bisa lagi menyepelekan penyakit ini. Untuk itu, kaum pria harus mulai mempelajari gejala, penyebab, hingga resiko dari adanya penyakit infeksi jamur ini.

Jamur yang biasa menginfeksi kulit manusia, termasuk kelamin adalah Jamur Candida. Jamur ini dapat menginfeksi kulit yang justru cenderung sehat, hangat, ataupun lembab. Infeksi jamur ini bisa terjadi pada kaum pria yang cenderung melakukan hubungan seks dengan tidak aman serta tidak menjaga kebersihan penisnya dengan tidak baik. Penis yang sering berada dalam kondisi lembab ternyata memiliki resiko munculnya infeksi jamur ini.

Selain penjagaan kebersihan yang kurang baik, faktor resiko yang menjadi penyebab adanya gangguan infeksi jamur pada alat kelamin pria diantaranya adalah; penggunaan antibiotik dalam periode yang lama namun sistem kekebalan tubuh pria tersebut lemah, menderita diabetes, dan melakukan hubungan seks yang tidak aman dan juga tanpa menggunakan kondom.

Gejala awal dari infeksi jamur ini adalah terdapat ruam berwarna kemerah-merahan pada penis pria. Ruam ini kemudian diikuti dengan rasa gatal atau terbakar pada ujung penis. Gejala berikutnya adalah dengan adanya bengkak yang menyakitkan atau adanya kemunculan titik berwarna merah di ujung penis, yang kemudian diikuti dengan adanya bercak putih di ujung penis, beberapa kulit yang mengelupas dan saat melakukan buang air kecil akan terasa sakit dan terbakar.

Baca Juga:  Waspada Parasit di Lensa Kontak Kotor

Jika gejala ini dibiarkan, infeksi jamur ini bisa menyebar ke daerah sekitar selangkangan seperti paha, pantat, dan lain-lain. Meskipun infeksi jamur pada kelamin pria cenderung lebih mudah diobati, namun jika infeksi sudah semakin menyebar, ada baiknya dikonsultasikan ke dokter untuk mengetahui apakah penyakit ini dikarenakan infeksi jamur atau infeksi penyakit seksual yang ditularkan karena hubungan seks yang tidak sehat. Jika memang infeksi ini disebabkan karena jamur, pengobatan dengan krim atau salep dengan cara dioleskan ke infeksi dirasa sudah cukup. Namun, ada baiknya kaum pria juga mulai melakukan pencegahan dengan selalu menjaga kebersihan dari alat kelaminnya agar infeksi ini tidak terjadi.

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. andi

    selamat siang dokter,
    saya ada keluhan pada alat kelamin saya, pada batang kemaluan saya terdapat luka dan mulai bernanah. kira2x penyakit apa yg saya alami karena setelah saya cek di internet tentang penyakit kelamin yang sering di alami semua pria saya bukan termasuk didalamnya.

    1. dr. Vanny Bernadus

      @andi, berapa usia anda? ada riwayat diabetes atau kencing manis? riwayat hub sex bergantu2 pasangan ? trims

  2. don

    malam dok.mau tanya.kadang di bwah kegala kelamin.bekas jahtan sunat.kalo di gentcet2 gatal2 enak gt dok.kdang smpai lecet .trus sembuh.tiba2 nanti mulai gatal lg di cubit2 trasa enak.tpi kalo dh lecet bru gk gatal.mau tanya.it penyakit apa?obat apa yg cocok ?trimksh sblum nya.

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat malam,
      kemungkinan disebabkan karena jamur.
      silahkan melakukan pemeriksaan langsung.
      terimakasih

  3. [email protected]

    Maap dok Saya mau Tanya Saya sakrng Lagi mengalami bercak Merah dibagian pinggir penis dandirasai rasa perih itu kenapa ya dok dan terkdang Keluar cairan yang tak sedap

  4. rino

    Dok saya mao tanya. Saya mengalami gatel di pangkal btang kemaluan saya di daerah rambutnya. Daerah yg gatal itu sperti putih2 gtu dok seperti panu. Dan di buah zakarnya sering terjadi kulit terkelupas. Gmana cara pengobtan nya ya dok. Mao konsult ke dokter malu. Kira obatnya apa dok.

    1. dr. Vanny Bernadus

      @rino,

      Sebagai informasi, kami tidak meresepkan obat disini untuk menghindari hal2 yg tidak diinginkan. Kami sarankan anda untuk memeriksakan ke dokter secara langsung agar penanganannya tepat. trims

  5. adryan

    Dok saya mau nanya, dikepala penis bagian atas saya timbul warna merah yg awalnya cuma sedikit sekarang makin besar tapi tanpa rasa gatal, perih atau terbakar saat kencing, tapi kadang-kadang mengelupas, apakah itu tanda munculnya penyakit jamur pada kelamin saya???
    saya minta sarannya dari dokter dan cara mengobati dan mencegahnya. terima kasih.

    1. Dokter Eko B

      Selamat malma Adryan
      apakah anda pernah melakuakn hubungan seksual yang berisiko?
      dapadt disebabkan misalnya karena jamur ataupun ulkus durum
      keluhan kemerahan pada kelamin anda perlu diperiksa secara langsung
      silakan periksa ke dokter terdekat
      terima kasih

  6. saepul

    Selamat siang dokter
    Mau nanya saya akhir akhir ini sering kegagalan di area penis saya mungkin karna apa jamuran apa .infeksi cara menangani nya gimana dokter terimakasih

  7. roni

    Dok kalau kulit kpla penis ada tompok kcil2 brkerak seperti bekas lem kering tu.. Knpa ya dok? Apa infeksi jamur?

Leave a Comment

Isi Angka Dibawah Untuk Menghindari Spam *