Infeksi Ginjal (Pielonefritis) – Pengertian, Tanda, dan Gejala

Infeksi-Ginjal-Pyelonefritis-doktersehat

Infeksi ginjal atau pielonefritis terjadi karena berpindahnya bakteri dari kandung kemih ke ginjal, yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman atau nyeri. Bakteri akan memasuki tubuh manusia melalui kulit yang berada di sekitar uretra, lalu berpindah dari uretra menuju kandung kemih, sebelum akhirnya menginfeksi ginjal.

Infeksi ginjal termasuk keluarga infeksi sistem saluran kemih yang disebut infeksi saluran kemih (ISK). Secara umum, infeksi uretra, kandung kemih, dan prostat dikenal sebagai infeksi saluran kemih bagian bawah. Bila infeksi sampai melibatkan ginjal, maka akan terjadi infeksi saluran kemih bagian atas.

Infeksi saluran kencing sangat umum dan dapat mempengaruhi 40% wanita dan 10% pria dalam masa hidupnya. Mereka paling sering terjadi pada wanita berusia di bawah 50 tahun, namun jarang mengenai pria dengan kelompok usia yang sama. Infeksi saluran kemih juga sering terjadi pada anak-anak, dan mungkin sulit untuk didiagnosis karena gejalanya tidak mudah dikenali. Pada anak-anak, infeksi saluran kemih dapat terlihat lebih sering pada anak laki-laki berusia kurang dari 1 tahun dan anak perempuan kurang dari 4 tahun.

Secara normal, sebenarnya saluran kencing memiliki cara agar dapat bertahan dari infeksi, yaitu dengan mengeluarkan air seni secara berkala. Proses mengeluarkan air seni ini akan membilas ginjal dan kandung kencing sehingga tak ada kuman yang menginfeksi. Namun bila jumlah kuman terlalu banyak atau proses pengeluaran air seni terganggu, hal ini bisa menyebabkan infeksi ginjal.

Picture of the kidneys and urinary tract system

Gambar 1. Penampang ginjal jika dibelah terbuka

Gejala Infeksi Ginjal

Berikut ini adalah gejala umum yang biasanya muncul pada penderita infeksi ginjal.

  • Demam
  • Panas dingin.
  • Mual dan muntah.
  • Merasa kelelahan.
  • Sensasi terbakar ketika buang air kecil (disuria)
  • Nyeri tumpul di punggung kiri/ kanan atau sakit punggung bagian bawah (nyeri ginjal tumpul).

Selain riwayat dan pemeriksaan fisik yang komprehensif, tanda-tanda yang mungkin dicari dokter dalam mengevaluasi infeksi saluran kemih dapat meliputi:

  • Nyeri ketuk di bawah tulang rusuk terendah (nyeri di sudut costo-vertebralis).
  • Bukti fisik adanya dehidrasi.
  • Denyut jantung yang cepat.

Pada wanita, pemeriksaan panggul mungkin diperlukan untuk menyingkirkan kondisi lain yang serupa, seperti penyakit radang panggul (pelvic inflammatory disease/ PID). Pada infeksi ginjal kronis gejalanya mungkin lebih ringan, tapi lebih tahan lama.

 

 

Infeksi Ginjal (Pyelonefritis) – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5
ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik