Imunisasi Wajib Yang Sebaiknya Tidak Dilewatkan Oleh Bayi

DokterSehat.Com – Belakangan ini, pemerintah sedang menyerukan orang tua untuk mengikuti program imunisasi nasional yang diperuntukkan bagi bayi dan anak-anak kecil. Bayi yang diimunisasi tentu saja akan memiliki kekebalan pada beberapa jenis penyakit berbahaya di masa depannya. Berikut adalah beberapa jenis imunisasi yang sebaiknya memang sama sekali tidak dilewatkan oleh bayi.

doktersehat-polio

Jenis imunisasi pertama dan yang sangat digalakkan oleh pemerintah pada program imunisasi nasional adalah imunisasi polio. Tujuan dari imunisasi polio jelas untuk membuat bayi tidak beresiko terkena virus polio yang bisa menyebabkan kelumpuhan di masa depan. Tahapan awal imunisasi polio akan dilakukan semenjak kunjungan pertama imunisasi. Setelah itu, vaksin polio sendiri bisa dilakukan saat bayi berusia 2, 4 dan juga 6 bulan. Imunisasi polio sendiri biasanya dilakukan lagi saat anak berusia 18 bulan dan saat anak berusia 5 tahun sehingga anak pun benar-benar terlindungi dari penyakit ini.

Jenis imunisasi kedua yang wajib didapatkan oleh bayi adalah campak. Dengan adanya imunisasi ini, anak pun akan terlindungi dengan baik dari serangan virus yang menyebabkan campak. Biasanya, vaksin campak akan diberikan saat bayi berusia 9 bulan dan akan diulangi lagi saat sang anak sudah menginjak 6 tahun. Beberapa jenis vaksin lain yang disebut dengan vaksin kombinasi juga bisa diberikan saat anak berusia 15 bulan.

Imunisasi DTP atau Diphteria, Tetanus, dan juga Pertussis juga harus diberikan pada bayi mengingat penyakit-penyakit diatas; difteri, penyakit yang menyerang saluran pernafasan, tetanus, adanya infeksi pada bagian tubuh yang terluka, dan pertussis, batuk rejan yang bisa berlangsung sangat lama, adalah penyakit-penyakit yang cukup berbahaya bagi bayi dan di masa depannya. Biasanya bayi akan diimunisasi DTP saat berusia enam minggu dan akan dilanjutkan pada saat usianya mencapai 4 dan 6 bulan. Dalam beberap kasus, vaksin DTP bisa diulangi saat anak berusia 18 bulan, lima tahun, hingga 12 tahun.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Diare Pada Anak

Imunisasi Hepatitis B juga harus dilakukan pada bayi mengingat penyakit yang menyerang hati ini sangatlah berbahaya. Biasanya, bayi yang baru saja lahir sudah diimunisasi hepatitis B dan kemudian akan dilanjutkan saat bayi berusia 1 bulan dan kemudian saat berusia 3 hingga 6 bulan. Selain itu, imunisasi BCG atau Bacille Calmette Guerin juga termasuk dalam imunisasi wajib bagi bayi karena bisa membuat bayi terlindungi dari penyakit TB atau tuberkulosis. Imunisasi BCG bisa dilakukan semenjak bayi lahir atau setidaknya sebelum berusia 3 bulan.