Imunisasi untuk Anak – Rotavirus dan HPV

DokterSehat.Com – Imunisasi lainnya yang dibutuhkan oleh anak adalah Rotavirus dan HPV.

doktersehat-konstipasi-anak

Vaksin Rotavirus
Food and Drug Administration Amerika Serikat (FDA) telah menyetujui dua vaksin oral untuk membantu mencegah infeksi rotavirus. Rotavirus adalah penyebab diare infeksius yang paling sering di seluruh dunia dan juga di Amerika Serikat. RotaTeq dan Rotarix merupakan vaksin oral yang telah terbukti efektif dan aman. Rotarix diberikan pada usia anak 2 dan 4 bulan. RotaTeq diberikan pada usia 2, 4, dan 6 bulan.

Uji klinis telah menemukan bahwa kedua vaksin tersebut mencegah sekitar 75% dari semua kasus gastroenteritis rotavirus, hampir semua kasus gastroenteritis rotavirus yang berat , dan hampir semua kasus gastroenteritis rotavirus yang memerlukan perawatan rumah sakit. Vaksin Rotavirus yang sebelumnya dipasarkan (RotaShield) dikaitkan dengan kasus intususepsi (penyumbatan usus) dan telah diambil dari peredaran pasar. Baik RotaTeq maupun Rotarix belum menunjukkan peningkatan risiko intususepsi jika dibandingkan dengan plasebo dalam uji klinis.

Vaksin Human Papillomavirus (HPV)
Infeksi HPV dianggap yang infeksi menular seksual (penyakit menular seksual [PMS]) yang paling sering di Amerika Serikat, yaitu menyebabkan kutil di area genital. Ada sekitar 79 juta orang saat ini yang terinfeksi HPV, dan ada sekitar 14 juta orang baru yang terinfeksi setiap tahun.

Meskipun infeksi HPV sering tidak menimbulkan gejala atau tanda-tanda, diketahui bahwa beberapa anggota keluarga virus HPV menyebabkan perubahan lesi prakanker serviks serta kanker serviks, vagina, vulva, dan kanker penis. HPV juga berhubungan dengan kanker mulut dan dubur. HPV juga menyebabkan kutil kelamin.

Dua vaksin tersedia untuk melindungi terhadap infeksi HPV:

  1. Gardasil-9 diindikasikan untuk pria dan wanita
  2. Cervarix, hanya berlisensi untuk wanita
Baca Juga:  Imunisasi untuk Anak - Hib dan Flu Musiman

Kedua vaksin human papillomavirus direkomendasikan dalam tiga jadwal dosis dengan dosis kedua dan ketiga diberikan dua dan enam bulan setelah dosis pertama. Vaksinasi rutin dengan HPV direkomendasikan untuk individu usia 11-12 tahun.