Imunisasi MR Tidak Halal?

DokterSehat.Com– Belakangan ini pemerintah memang sedang menggalakkan program imunisasi MR (measles rubella) demi mencegah penyakit campak rubella. Hanya saja, ada kabar yang menyebutkan bahwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) belum mengeluarkan fatwa tentang halalnya imunisasi ini. Gara-gara hal ini, ada pihak yang menyebut imunisasi ini tidak halal. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-suntik-hormon-injeksi-flu-burung-vaksin

Hasanuddin yang berasal dari MUI menyebutkan bahwa MUI memang belum mengeluarkan fatwa halal bagi vaksin MR hingga saat ini. Hanya saja, belum keluarnya fatwa ini karena masih dalam proses penelitian yang diajukan oleh Bio Farma.

Dr. Elizabeth Jane Soepardi yang merupakan Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pun angkat bicara tentang halal atau tidaknya imunisasi MR. Menurut beliau, MUI sudah mengeluarkan fatwa No. 4 tahun 2016 tentang imunisasi yang berarti berlaku bagi semua vaksin. Beliau juga menyebutkan bahwa tidak benar kabar yang menyebutkan bahwa pihak Bio Farma belum mengajukan penelitian vaksin MR pada MUI.

Memang, sertifikat halal bagi vaksin MR masih dalam proses. Namun, sejauh ini pihak Bio Farma, MUI, serta pabrik vaksin yang ada di India juga sudah melakukan koordinasi. Sebagai contoh, berbagai data dari pabrik vaksin di India yang diperlukan oleh MUI untuk pengajuan sertifikat ini sudah disediakan oleh Bio Farma. Hanya saja, datanya memang belum lengkap sehingga sertifikatnya belum keluar.

Meskipun begitu, masyarakat tidak perlu khawatir tentang halal tidaknya imunisasi MR ini, segera setelah semua data dilengkapi, sertifikat kehalalan ini pasti akan segera keluar.