informasi kesehatan


Imunisasi HPV untuk Mencegah Kanker Leher Rahim

Imunisasi HPV untuk Mencegah Kanker Leher Rahim

            

DokterSehat.com – Apapun jenisnya, kanker sangat membahayakan. Menurut data Badan Kesehatan Dunia (WHO), pada perempuan kanker adalah pembunuh terbesar kedua setelah gangguan jantung. Namun kini ada kabar gembira bagi kaum perempuan tentang pencegahan penyakit kanker. Telah ditemukan imunisasi yang dapat mencegah kanker serviks (leher rahim).

Penyebab kanker serviks (leher rahim)

Serviks adalah bagian bawah rahim yang berhubungan langsung dengan vagina. Kanker serviks disebabkan oleh virus Human Papilloma Virus (HPV. Sebagai salah satu organ reproduksi, letak leher rahim memang paling terekspos dengan dunia luar. Berbagai faktor dianggap sebagai kofaktor (faktor yang menyertai) terjadinya kanker serviks, antara lain multiparitas, merokok, kontrasepsi hormonal, penyakit hubungan seksual, dan faktor nutrisi. Saat ini di negara maju, kanker serviks sudah mengalami penurunan berkat program deteksi dini melalui pap smear. Metode itu berhasil menurunkan tingkat kematian hingga 50%.

Mengapa vaksinasi?

Selama ini dalam dunia medis, vaksinasi dianggap cara yang paling efektif untuk mencegah inkubasi virus di dalam tubuh manusia, termasuk human papilloma virus (HPV), virus penyebab kanker serviks (leher rahim). Sama seperti imunisasi yang selama ini dikenal. Di dalam tubuh vaksinasi yang diberikan melalui suntikan ini akan membentuk sistem kekebalan tubuh dan pertahanan terhadap masuknya virus HPV ke dalam leher rahim. Dengan demikian, virus HPV tidak akan bisa masuk apalagi tumbuh dan membesar di dalam tubuh

Kapan tepat dilakukan?

Imunisasi HPV akan diberikan pada perempuan usia 12-14 tahun, melalui suntikan sebanyak tiga kali berturut-turut di bagian lengan setiap dua bulan sekali dan dilakukan pengulangan satu kali lagi pada sepuluh tahun kemudian. Kemudahan dalam hal pemberian vaksin dan tingginya angka keberhasilan menjadi keunggulan pencegahan metode ini.

Sayangnya, pencegahan melalui vaksinasi ini memiliki kelemahan dari segi biaya karena relatif mahal. Hal ini disebabkan karena teknologi rekombinan yang digunakan untuk memroduksi vaksin adalah teknologi biologi molekuler yang masih sangat mahal. Vaksin HPV dapat bekerja secara efektif di dalam tubuh perempuan di semua umur, namun dengan catatan perempuan tersebut belum pernah terekspos atau terinfeksi oleh HPV.

Di Amerika sendiri misalnya, satu kali suntikan biayanya mencapai US$100 (hampir Rp1 juta).

sumber : Menstruasi.com

pf button both Imunisasi HPV untuk Mencegah Kanker Leher Rahim


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

9 Responses to “Imunisasi HPV untuk Mencegah Kanker Leher Rahim”

  1. Andry says:

    apakah berbahaya bila tidak di vaksin…?
    seberapa berbahayanya kah…?

    Like or Dislike: Thumb up 2 Thumb down 0

  2. dr Ronald Iskandar says:

    @Andry – vaksinasi bertujuan menghindari penyakit berbahaya yg disebabkan virus HPV yaitu kanker leher rahim. Orang yg tidak divaksinasi tentu saja beresiko lebih besar terkena penyakit tersebut, cuma harga vaksin ini masih mahal,. Thx..

    Like or Dislike: Thumb up 2 Thumb down 0

  3. lies muliaty says:

    Dok, saya sudah ikutan imunisasi hpv 2x, hanya saya binggung untuk menentukan suntikan ke 3x nya.
    Diinternet saya baca untuk suntikan ke 3, dilaksanakan 10 tahun kemudian. Sedangkan dokter saya menyarankan 6 bulan kemudian. Gimana baiknya dok?
    Kalau tidak ada masalah penyuntikan 6 bln kemudian, suntikan ke 3 dihitung dari suntikan ke 1, atau ke 2?
    Contohnya : saya suntik ke 1 bln april
    Suntik ke 2 bln mei
    Bulan berapa sy mesti suntik lagi kl dihitung 6 bln nya?
    ???â???§ ? yah dok untuk saran nya :)

    Like or Dislike: Thumb up 1 Thumb down 0

  4. ika damay says:

    apabila sudah berusia 25 th seperti saya apakah vaksinasi itu masih bisa efektif????

    bagaimana u/ wanita yg sudah menikah

    Like or Dislike: Thumb up 1 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat malam,

      Dari segi usia, imunisasi HPV ini masih efektif untuk dilakukan. Usia yang disarankan memang pada usia muda karena untuk mencegah perempuan itu terpapar oleh faktor resiko , yaitu sudah melakukan hubungan seks. Apabila sudah pernah melakukannya maka sebaiknya diperiksa terlebih dahulu terutama bila memiliki gejala yang mengarah kepada infeksi HPV tersebut, seperti kutil yang sering tumbuh dan berbentuk agak kasar, dsb.

      Semoga bermanfaat

      Terima kasih

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. Nenno says:

    @lies muliaty – setahu aku 3x suntikan HPV selesai dlm 6 bulan, jd sebaiknya dilakukan plg tidak 1 thn atw 6 bulan sblm mnikah. itu info yg aku dpt dr majalah & dokter kandungan yg prnh aku kunjungi utk konsultasi mslh tsb.
    1x suntikan 700rb dilakukan btahap 3x yg hrs selesai dlm kwtu 6 ulan & selama mjlni vaksinasi tsb tdk boleh mlkkn hub suami istri. utk yg prnh mlkkn hub sblmnya hrs dilakukan papsmear tlebih dahulu utk mngthui apakah kita sdh terinfeksi atw blm.

    Like or Dislike: Thumb up 1 Thumb down 0

  6. AruM says:

    Saya berumur 19tahun yang belum pernah melakukan imunisasi HPV.
    apakah saya masih bisa melakukan imunisasi ini..??
    coz, keterangan diatas menyebutkan yang melakukan imun ini umur 12-14thun.
    moHon penjelasan nya;;:
    Trim’s:

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat malam,

      Selama seorang perempuan masih belum terinfeksi HPV maka imunisasi HPV masih boleh dilakukan. Usia yang disarankan memang pada usia muda karena untuk mencegah perempuan itu terpapar oleh faktor resiko , yaitu sudah melakukan hubungan seks. Apabila sudah pernah melakukannya maka sebaiknya diperiksa terlebih dahulu terutama bila memiliki gejala yang mengarah kepada infeksi HPV tersebut, seperti kutil yang sering tumbuh dan berbentuk agak kasar, dsb.

      Semoga bermanfaat

      Terima kasih

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  7. Indah says:

    Setelah selesai melakukan vaksin hpv sebanyak 3x, berapa bulan baru boleh melakukan hubungan seksual? Thanks

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0