Imunisasi Anak Harus Teratur dan Sesuai Dengan Jadwal

DokterSehat.Com – Imunisasi adalah cara yang baik untuk menjaga kesehatan anak dengan maksimal. Dengan melakukan imunisasi, maka anak pun akan terhindari dari berbagai macam penyakit ganas di dunia. Anak pun bisa mencegah adanya penularan penyakit berbahaya dari orang lain sehingga resiko mendapatkan kecacatan atau kematianpun akan jauh menurun. Sayangnya, banyak orang tua yang berpikir jika imunisasi bisa dilakukan kapan saja tanpa mematuhi jadwal imunisasi karena menganggap sang anak sudah cukup asalkan sudah mendapatkan imunisasi. Hal ini ternyata bisa membuat imunisasi menjadi kurang efektif dan bermanfaat bagi tubuh sang anak.

doktersehat-konstipasi-anak

Pernahkah anda mengecek kartu imunisasi anak anda dan bertanya-tanya mengapa ada jadwal atau frekuensi dari imunisasi untuk penyakit tertentu yang berbeda-beda? Ada imunisasi yang bisa dilakukan sekali saja, ada yang beberapa kali dan bahkan ada yang harus dilakukan sesuai dengan tanggal dan tidak boleh terlambat sama sekali. Apakah ada penjelasan untuk hal ini?

Sebagaimana kita ketahui, fungsi utama dari imunisasi adalah membuat anak kebal dari berbagai masalah penyakit ganas yang bisa menimpanya sewaktu-waktu. Imunisasi ini sendiri adalah cara agar memaksa tubuh membangun benteng pada sebuah gejala penyakit dengan cara membuat infeksi pada tubuh. Disinilah pentingnya imunisasi harus dilakukan dengan jadwal yang tepat dan tidak boleh terlambat sama sekali. Jadwal imunisasi telah diperhitungkan dengan tepat agar sesuai dengan kebutuhan tubuh sang anak saat membangun sistem kekebalan tubuh tersebut. Adanya vaksinasi yang teratur tentu saja disesuaikan dengan tingkat kekebalan tubuh yang diharapkan pada penyakit dengan tingkat infeksi yang berbeda-beda pula. Memang, banyak sistem kekebalan dari ibu yang menurun ke bayi, namun, kekebalan ini juga harus diperkuat lagi agar sang anak mendapatkan perlindungan yang lebih baik.

Baca Juga:  Setiap Menit, Ada Dua Anak yang Meninggal Karena Pneumonia

Andai kita tidak sengaja melewati jadwal imunisasi yang telah ditentukan oleh dokter, maka kita tentu harus meminta pendapat dari sang dokter untuk mendapatkan jadwal yang tepat atau penggunaan vaksinasi yang lebih tepat. Jangan sembarangan mengimunisasi anak tidak sesuai dengan jadwal karena tentu saja pembangunan sistem kekebalan tubuh pada anak akan terganggu dan membuat sistem tersebut tidak akan bekerja dengan maksimal di kemudian hari.