Impetigo – Penyebab, Gejala, dan Diagnosis

Impetigo adalah infeksi bakteri kulit, menyebabkan luka merah yang dapat terbuka, mengeluarkan cairan kekuningan, yang dapat mengering menjadi kerang kuning-coklat. Luka ini bisa terjadi di mana saja pada tubuh. Di Amerika Serikat, impetigo berkontribusi terdahap 10% penyakit kulit pada anak-anak. Secara internasional, insidensi impetigo sekitar 2,8% pada anak-anak usia <4 tahun dan 1,69% pada anak-anak usia 5-15 tahun. Impetigo dapat menyerang semua umur. Anak usia <6 tahun memiliki insidensi lebih tinggi dibandingkan orang dewasa

doktersehat-psoriasis-kelainan-kulit-impetigo

Impetigo adalah salah satu infeksi kulit yang paling umum pada anak-anak. Hal ini dapat terjadi pada orang dewasa tapi terlihat jauh lebih sering pada anak-anak. Impetigo menular dan dapat menyebar ke orang lain maupun ke bagian tubuh lain dari si penderita melalui kontak dekat atau dengan handuk, seprai, pakaian, mainan, atau barang-barang lainnya. Menggaruk juga dapat menyebarkan luka ke bagian lain dari tubuh.

Apa yang menyebabkan impetigo?
Impetigo disebabkan oleh salah satu dari jenis bakteri-strep (streptokokus) atau Staph (staphylococcus). Seringkali bakteri ini masuk ke dalam tubuh saat kulit iritas atau terluka karena masalah kulit lainnya seperti eksim, racun tanaman, gigitan serangga, luka bakar, atau luka lainnya. Anak-anak mungkin mendapatkan impetigo setelah mereka flu atau alergi yang membuat kulit di bawah hidung lecet atau terluka. Namun impetigo juga dapat terjadi pada kulit benar-benar sehat.

Apa saja gejalanya?
Anda atau anak Anda mungkin memiliki impetigo jika Anda memiliki luka:

  • Yang dimulai bintik-bintik merah kecil, kemudian menjadi lecet dan akhirnya luka pecah. Luka biasanya tidak menyakitkan, tetapi dapat terasa gatal.
  • Keluar cairan kekuningan dan berkerak.
  • Peningkatan ukuran dan jumlah. Luka mungkin sekecil jerawat atau lebih besar dari koin.
Baca Juga:  Kanker Mata (Retinoblastoma) - Pencegahan

Bagaimana impetigo didiagnosis?
Dokter Anda biasanya dapat mendiagnosis impetigo hanya dengan melihat kulit penderita. Kadang-kadang dokter akan mengambil lembut sepotong kecil dari sakit kulitnya itu untuk dikirim ke laboratorium untuk mengidentifikasi bakteri. Jika Anda atau anak Anda memiliki tanda-tanda lain dari penyakit ini, dokter dapat melakukan pemeriskaan darah atau urin.