Ilmuwan Menemukan Rasa Ke Enam yang Bisa Dinikmati Manusia

DokterSehat.Com – Saat kita merasakan makanan, kita ternyata hanya bisa mengenali lima jenis rasa utama layaknya asin, manis, asam, pahit, dan juga umami. Rasa umami sendiri baru ditambahkan sebagai salah satu rasa yang bisa dikenali manusia tujuh tahun lalu dan kerap kali kita rasakan sebagai sensasi gurih. Belakangan ini, ilmuwan menemukan sebuah rasa lagi yang ternyata juga dikenali oleh manusia. Rasa ini adalah rasa tepung.

doktersehat-lidah

Penelitian ini yang dilakukan oleh Oregon State University ini menyebutkan jika area langit-langit pada mulut kita bisa mendeteksi rasa tepung atau adanya kandungan karbohidrat yang bisa kita temui pada makanan layaknya roti, kentang, atau bahkan pasta. Salah seorang pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini, Juyun Lim, yang merupakan Associate Proffessor Ilmu dan Teknologi Pangan dari universitas ini menyebutkan jika memang setiap bangsa dan budaya memiliki rasa tersendiri yang unik, namun, kebanyakan dari manusia memang mengenali rasa baru ini.

Para ilmuwan melakukan sebuah penelitian dengan cara menghancurkan beberapa tingkat karbohidrat yang berbentuk cair dan kemudian meminta 22 partisipan untuk merasakan berbagai tingkatan karbohidrat ini. Jika sebelumnya pakar kesehatan berpikir jika kita hanya mampu merasakan kandungan gula di dalam karbohidrat karena adanya air liur yang memberikan rasa manis pada mulut, maka peneliti melakukan cara baru dimana mereka memberikan semacam senyawa yang bisa memblokir adanya enzim air liur dan juga reseptor perasa manis, dan hasilnya adalah, para partisipan mampu merasakan pati atau rasa tepung sebelum benar-benar terpecah menjadi gula.

Professor Lim menyebutkan jika orang Asia akan mengenali ini sebagai rasa beras dan masyarakat Barat akan menggambarkannya sebagai rasa roti atau pasta. Beliau menyebutkan jika memang, para peneliti belum menemukan reseptor tepung pada lidah sehingga belum bisa benar-benar dijadikan rasa utama. Namun, Ia berpikir jika bisa jadi adanya kemampuan mengecap rasa tepung ini membuat banyak orang menyukai karbohidrat kompleks.