Ilmuwan Berhasil Menciptakan Sel Telur yang Berasal Dari Kulit Tikus

DokterSehat.Com – Perkembangan teknologi di dunia kesehatan memang sangat pesat dan menakjubkan. Berbagai hal layaknya pengobatan modern yang sebelumnya tidak terpikirkan bahkan kini sudah tersedia bagi kesehatan masyarakat. Sebagai contoh, kini manusia bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan keturunan bahkan andai mereka tidak memiliki sel telur. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-wanita-kanker-serviks

Normalnya, untuk mendapatkan keturunan, kita perlu melakukan pembuahan antara sperma dan sel telur. Namun, sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang berhasil menciptakan pengganti sel telur yang diciptakan dari kulit tikus. Penelitian ini dilakukan oleh Professor Katsuhiko Hayashi dan timnya dari Kyushu University dimana mereka berhasil memprogram ulang sel kulit yang didapatkan dari ekor tikus agar menjadi semacam sel punca, sel induk dasar yang bisa berubah menjadi sel apapun. Professor Hayashi dan timnya pun kemudian merubah sel punca ini menjadi sel telur dan ternyata berhasil. Dengan sel telur pengganti ini, Ia dan timnya berhasil mengembangbiakkan tikus! Bahkan tikus-tikus ini pada akhirnya bisa tumbuh sehat dan akhirnya memiliki keturunannya sendiri.

Professor Richard Anderson yang berasal dari University of Edinburgh menyebutkan jika hasil penelitian ini bisa memberikan kesempatan bagi wanita yang mengalami masalah kesehatan yang membuatnya kehilangan kemampuan reproduksi di usia muda sehingga bisa mendapatkan keturunan. Namun, hasil penelitian ini masih membutuhkan analisa yang lebih mendalam mengingat prosesnya yang sangat rumit.

Sayangnya, penemuan ini juga menimbulkan kontroversi bagi banyak pakar kesehatan di seluruh dunia, khususnya dalam hal etika andai pada akhirnya studi ini juga diujicobakan pada manusia. Ada sebagian pakar kesehatan yang mengingatkan sebaiknya penelitian ini tidak dilanjutkan pada manusia karena akan menimbulkan penolakan dari berbagai pihak.