Ikan Teri, Kecil Ukurannya, Besar Manfaat Kesehatannya

DokterSehat.Com– Salah satu jenis ikan yang paling dikenal masyarakat Indonesia adalah ikan teri. Ikan dengan ukuran kecil dan harga terjangkau ini sangat nikmat untuk dinikmati bersama dengan nasi hangat. Dibalik ukurannya yang kecil, ikan teri ternyata memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

doktersehat-ikan-asin

Baik bagi kesehatan jantung
Ikan teri kaya akan kandungan lemak tak jenuh yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat pada pembuluh darah arteri. Dengan menekan kadar kolesterol jahat, maka resiko untuk terkena serangan jantung, stroke, atau aterosklerosis pun semakin menurun. Hanya saja, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak mengkonsumsi ikan teri yang sudah diasinkan karena bisa berefek kurang baik bagi tekanan darah dan kesehatan ginjal.

Baik bagi kesehatan kulit
Ikan teri kaya akan kandungan vitamin E dan selenium. Berbagai kandungan ini bisa membantu menurunkan resiko terkena jerawat dan penuaan dini. Tak hanya itu, mengkonsumsi ikan teri juga akan menjaga kulit tetap halus dan mencegah datangnya kanker kulit.

Baik untuk kesehatan tulang
Ikan teri memiliki kandungan vitamin A dan kalsium yang sangat dibutuhkan untuk menjaga pertumbuhan tulang. Kandungan kalsium dari ikan ini juga akan menurunkan resiko penurunan kekuatan tulang dan menjaga kesehatan gigi.

Baik bagi kesehatan mata
Adanya kandungan vitamin A pada ikan teri bisa menurunkan resiko katarak dan degenerasi macula, masalah kesehatan yang bisa menyerang mata kita.

Membantu program penurunan berat badan
Kandungan kalori dalam ikan teri yang rendah membuatnya cocok untuk dijadikan menu diet saat ingin menurunkan berat badan.

Mencegah anemia
Ikan teri kaya akan zat besi. Dalam sebuah penelitian, diketahui bahwa di dalam 100 gram ikan teri terdapat 3,9 miligram zat besi. Hal ini akan mencegah datannya anemia.