Ikan Sangat Baik Bagi Anak-Anak

DokterSehat.Com – Anak yang sedang dalam masa pertumbuhan tentu harus mengkonsumsi makanan yang bernutrisi agar mereka bisa mendapatkan perkembangan yang baik pada fisik dan juga otak. Nutrisi yang baik bisa didapatkan dari mengkonsumsi makanan yang termasuk empat sehat lima sempurna. Diantara banyak makanan yang masuk dalam kategori tersebut, salah satu yang sangat mudah untuk didapatkan adalah ikan. Hewan yang hidup di air ini ternyata memiliki kandungan DHA yang sangat bagus untuk perkembangan otak anak-anak. Disamping itu, setidaknya ada lima buah perkembangan tubuh yang bisa didapatkan jika anak mengkonsumsi ikan, yakni sebagai berikut.

doktersehat-anak-makan

Jika anak mengkonsumsi  ikan, maka perkembangan mata pun bisa menjadi sangat baik. Bayi dan balita yang termasuk sering mengkonsumsi ikan biasanya memiliki penglihatan yang sangat baik dan tidak mudah mengalami gangguan penglihatan. Disamping itu, anak yang rajin mengkonsumsi ikan juga cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang jauh lebih kuat. Kandungan DHA ternyata juga bisa mempengaruhi penguatan sistem kekebalan tubuh dengan signifikan. Selain daging ikan, konsumsi minyak ikan dengan protein tinggi juga bisa dikonsumsi untuk menambah sistem kekebalan tubuh. Dengan sistem kekebalan tubuh yang lebih baik, anak pun cenderung tidak mudah terkena eksim atau peradangan pada kulit dan hampir seluruh tubuh. Anak yang rajin mengkonsumsi ikan salmon atau ikan tuna juga cenderung lebih mampu bertahan dari masalah alergi.

Untuk kesehatan otak, konsumsi ikan yang kaya protein juga bisa membuat anak menjadi lebih fokus. Kadar DHA yang tinggi mampu membuat anak lebih fokus pada objek atau saat mendengarkan. Anak yang memiliki kandungan DHA tinggi biasanya memiliki kemampuan kognitif yang sangat baik, khususnya di usia balita dan awal sekolah. Kemampuan untuk membaca juga cenderung meningkat dan terus bertumbuh pesat jika anak-anak di usia balita dan masa sekolah dasar mengkonsumsi banyak suplemen omega-3.

Baca Juga:  Ingin Siswanya Lebih Berprestasi, Kampus Ini Menyediakan Ruang Meditasi

Dengan banyaknya kebaikan yang ditawarkan ikan, kita tentu tidak perlu ragu lagi membeli ikan sebagai lauk yang sering kita konsumsi. Disamping memiliki banyak pilihan, ikan juga cenderung murah karena pasokan ikan di Indonesia yang melimpah. Kita tentu bisa memberikan lauk yang lezat sekaligus bergizi untuk anak kita dengan mudah, bukan?