Ikan, Salah Satu Makanan yang Paling Direkomendasikan Bagi MPASI Bayi

DokterSehat.Com – Setelah mendapatkan ASI eksklusif selama enam bulan pertama, maka tiba saatnya bagi bayi untuk diperkenalkan dengan berbagai makanan sehat sejak dini. Dengan rutin mendapatkan asupan makanan yang sehat, diharapkan kesehatan dan perkembangan tubuhnya bisa tetap terjaga dengan baik. Pakar kesehatan sendiri menyarankan ibu untuk selalu memberikan sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian sebagai makanan pendamping ASI (MPASI) pertama bagi para bayi. Selain itu, ibu juga bisa memberikan ikan yang akan memberikan berbagai nutrisi yang sangat menyehatkan tubuh.

doktersehat-salmon

Banyak ibu yang enggan memberikan ikan sebagai MPASI bagi buah hatinya karena berpikir jika makanan ini cenderung amis dan memiliki banyak duri. Padahal, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1990-an menunjukkan fakta dimana bayi yang kerap mengkonsumsi makanan dengan kandungan DHA tinggi layaknya ikan, maka Ia akan cenderung tumbuh menjadi anak yang lebih cerdas dari anak-anak yang jarang mengkonsumsi ikan sejak dini. Selain kandungan DHA, kandungan omega-3 yang ada di dalam ikan juga diyakini akan membantu bayi meningkatkan fokus dan membuatnya tumbuh menjadi anak yang lebih kreatif di masa depan.

Dengan mendapatkan ikan sebagai MPASI, bayi akan mendapatkan asupan lemak tak jenuh yang bisa membuat sistem imun tubuhnya menjadi lebih kuat. Alhasil, bayi pun akan cenderung lebih aktif dan tidak akan mudah jatuh sakit. Selain itu, pakar kesehatan juga menyebutkan jika dengan rutin mengkonsumsi ikan sebelum berusia 9 bulan, maka mereka akan lebih terhindar dari penyakit eksim atau gatal-gatal di sekujur tubuh.

Hanya saja, ada baiknya kita memang berkonsultasi pada dokter mengenai bahan makanan MPASI yang cocok untuk bayi dan jenis ikan mana yang bisa kita berikan pada bayi. Biasanya, dokter akan merekomendasikan ikan yang kaya akan kandungan minyak layaknya ikan tuna, ikan salmon, ikan sarden, dan lain sebagainya. Ikan salmon sangatlah direkomendasikan bagi bahan MPASI karena cenderung memiliki kandungan merkuri yang rendah.