Ikan Lemuru Terbukti Dapat Mencegah Penyakit Jantung Koroner

DokterSehat.Com – Penyakit Jantung Koroner merupakan penyakit yang mematikan nomor satu di dunia. Penyakit jantung koroner merupakan penyakit akibat terjadinya aterosklerosis pada pembuluh darah. Aterosklerosis merupakan penebalan dan hilangnya elastisitas dinding arteri karena pembentukan deposit-deposit plak kekuningan yang mengandung kolesterol, dan bahan lemak lainnya lapisan pembuluh darah.

doktersehat-jantung-calcium-channel-blocker-pembuluh-darah-obat-a-z

Faktor risiko utama aterosklerosis adalah kelebihan lemak dalam darah (dislipidemia). Faktor risiko inilah yang dapat mengganggu fungsi endotel (lapisan pembuluh darah) sehingga menyebabkan terjadinya disfungsi endotel. Disfungsi endotel dapat terjadi secara lokal dan akut dengan perubahan kronik yang menyebabkan peningkatan permeabilitas plasma lipoprotein, pengurangan bioavailabilitas Nitric Oxide (NO), hiperadhesi leukosit, gangguan keseimbangan zat vasoaktif, zat perangsang dan penghambat pertumbuhan, zat pro dan antitrombotik. Hal ini merupakan permulaan proses proliferatif pada dinding arteri yang akan berkembang menjadi plak aterosklerotik penyebab jantung koroner.

Beberapa dekade terakhir ini, Amerika dan beberapa negara lain telah mencapai kemajuan mengenai dampak penyakit yang berkaitan dengan aterosklerosis. Hal tersebut dicapai dengan dilakukannya pencegahan primer atau pencegahan pembentukan ateroma (bibit aterosklerosis) pada dinding endotel. Pencegahan tersebut yaitu dengan perbaikan intake makanan yang banyak mengandung asam lemak omega-3. American Heart Association (AHA) merekomendasikan konsumsi asam lemak omega-3 yang berfungsi sebagai cardioprotection (pelindung jantung) dalam pencegahan primer. Asam lemak omega-3 banyak terdapat pada ikan.

Indonesia yang merupakan negara maritim dengan hasil produksi laut mengalami peningkatan dari tahun ke tahun seiring dengan target pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk menjadikan Indonesia sebagai penghasil ikan terbesar di dunia. Dari seluruh ikan hasil tangkapan yang melimpah di Jawa Tengah. Ikan lemuru (Sardinella lemuru) menjadi salah satu komoditas primadona dengan kandungan asam lemak omega 3 yang sangat tinggi. Kandungan omega 3 ikan lemuru ini dapat memberi keuntungan sebagai pencegahan primer aterosklerosis dengan mencegah kerusakan endotel. Namun dikarenakan konsumsi ikan lemuru di Indonesia masih rendah, diharapkan publikasi potensi ikan lemuru sebagai makanan sehat antiaterosklerosis dapat digalakkan bahkan bisa di jadikan gerakan masyarakat untuk memakan ikan lemuru sebagai solusi menggalakkan masyarakat untuk menjadikan ikan lemuru sebagai makan wajib. Mudah-mudahan dengan tulisan ini dapat disosialisasikan dengan baik kepada masyarakat Indonesia agar dapat memakan ikan khususnya lemuru sebagai makanan pencegah jantung koroner.