Ikan Laut Apa yang Bisa Membuat Otak Semakin Cerdas?

DokterSehat.Com – Sebagai negara bahari, Indonesia tentu kaya akan berbagai produk lautan yang memiliki nilai gizi yang tinggi. Sebagai contoh, kita mengenal berbagai macam ikan laut yang jika rutin dikonsumsi bisa membantu perkembangan otak dan tulang dengan maksimal. Telah banyak penelitian yang menyebutkan jika kandungan asam lemak omega 3 yang ada dalam ikan laut mampu memberikan manfaat kesehatan bagi perkembangan otak, tulang, sekaligus menekan kadar lemak di dalam tubuh yang tentu bisa berimbas pada menurunnya resiko terkena penyakit jantung. Sebenarnya, ikan laut apa saja yang bisa membuat otak kita menjadi semakin cerdas sehingga sebaiknya rutin kita konsumsi?

doktersehat-makan-ikan-omega3-vitamin

Body Ecology baru-baru ini mengungkapkan bahwa ada beberapa jenis ikan laut yang sering dikonsumsi oleh masyarakat tanah air, yakni ikan tuna, ikan teri, dan ikan kerapu. Untungnya, ikan-ikan yang memiliki rasa yang nikmat untuk disantap ini memang bisa menyediakan manfaat kesehatan bagi tubuh. Sebagai contoh, ikan tuna dan ikan kerapu ternyata sangat baik bagi kesehatan jantung. Jika kita rutin mengkonsumsinya, maka resiko terkena serangan jantung pun bisa ditekan. Sementara itu, ikan teri ternyata juga mampu menekan kadar kolesterol dalam darah.

Kementerian Perikanan dan Kelautan Indonesia juga menyarankan kita untuk mengkonsumsi ikan cakalang, ikan tongkol, dan ikan kembung. Ikan cakalang sendiri disebut-sebut mampu mendukung perkembangan janin di dalam kandungan, termasuk perkembangan otak agar anak bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas. Sementara itu, ikan kembung disebut-sebut mampu mencegah datangnya kanker prostat. Untuk ikan tengiri, American Heat Associaton (AHA) menyebutkan jika konsumsi ikan ini bisa mencegah datangnya kanker.

Ikan laut lainnya yang sangat disarankan untuk dikonsumsi adalah ikan kakap putih yang kaya akan protein tinggi. Jika anda rajin berolahraga dan ingin membangun otot pada tubuh, ada baiknya rutin mengkonsumsi ikan ini agar memiliki bentuk tubuh yang lebih baik.