Ikan Inilah yang Kaya Merkuri Sehingga Sebaiknya Tidak Kita Konsumsi

DokterSehat.Com– Ikan laut termasuk dalam makanan yang bisa memberikan berbagai manfaat sehat bagi tubuh kita. Sayangnya, ada beberapa jenis ikan laut yang disebut-sebut kaya akan kandungan merkuri yang tentu bisa sangat membahayakan kesehatan. Demi mencegah datangnya efek kesehatan jangka panjang akibat dari paparan merkuri dari ikan laut yang kita konsumsi, ada baiknya kita mewaspadai beberapa jenis ikan laut yang memiliki kandungan tinggi merkuri seperti sebagai berikut.

doktersehat-makan-ikan-omega3-vitamin

Laman berita Fox News baru-baru ini mengeluarkan data ikan laut mana saja yang kaya akan kandungan merkuri akibat dari pencemaran industri besar-besaran yang dilakukan oleh manusia, ikan laut tersebut adalah ikan todak, ikan hiu, ikan tuna ahi, ikan tuna dengan sirip kuning, ikan makarel Spanyol, dan juga belut, baik itu belut laut ataupun darat.

Meskipun kaya akan kandungan merkuri, bukan berarti kita sama sekali dilarang untuk mengkonsumsinya. Pakar kesehatan menyebutkan jika kita masih bisa mengkonsumsinya meskipun sebaiknya membatasi porsinya dalam jumlah yang sedikit atau mengkonsumsinya jarang-jarang saja.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal dari ikan, kita bisa memilih berbagai jenis ikan lainnya untuk dikonsumsi. Sebagai informasi, ikan sangatlah kaya akan sumber protein dan asam lemak omega 3 yang bisa mendukung kesehatan jantung dan otak. American Heart Association (AHA) sendiri sangat menyarankan konsumsi ikan secara rutin agar bisa membuat kita mencegah datangnya penyakit jantung atau Alzheimer. Ikan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setidaknya 2 kali dalam seminggu tersebut adalah ikan salmon, ikan makarel atlantik, ikan lele, dan ikan sarden. Ikan-ikan tersebut kaya akan berbagai nutrisi yang menyehatkan tubuh dan rendah kadar merkuri. Hanya saja, catatan untuk ikan lele, ada baiknya ikan lele yang kita konsumsi adalah yang dipelihara dan dan diberi makanan yang baik.