Idealkah Menikah Dengan Pasangan yang Terpaut Usia Sangat Jauh Seperti Raisa dan Hamish?

DokterSehat.Com– Berita pernikahan Raisa dan Hamish Daud menghebohkan banyak orang. Bagaimana tidak, cukup banyak penggemar Raisa yang bahkan menganggap hari pernikahan mereka pada tanggal 3 September 2017 besok sebagai Hari Patah Hati Nasional. Jika kita cermati, usia Hamish dan Raisa terpaut cukup jauh, yakni 10 tahun. Hamish sudah berusia 37 tahun dan Raisa baru berusia 27 tahun. Apakah perbedaan usia yang cukup jauh ini masih bisa dianggap ideal untuk menikah?



Psikolog di bidang anak dan keluarga bernama Anna Surti Ariani, M.Psi menyebutkan bahwa usia Hamish dan Raisa sudah bisa digolongkan sebagai usia yang matang untuk menikah. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) sendiri menyebutkan bahwa setelah melalui usia 20 tahun, maka seseorang sudah dianggap siap dan matang baik itu secara fisik dan mental untuk menikah. Anna juga menyebutkan bahwa pada usia tersebut, keduanya sudah matang secara fisik, kognitif, bahasa, sosial, serta emosional.

Manusia memiliki empat tahapan usia dewasa, yakni usia beranjak dewasa saat 20 hingga 25 tahun, usia dewasa muda saat 26 hingga 40 tahun, usia dewasa madya pada 40 hingga 60 tahun, dan setelahnya bisa disebut sebagai lansia. Berdasarkan tahapan tersebut, Raisa dan Hamish bisa dianggap dalam tahapan usia perkembangan yang sama sehingga mereka pun tetap bisa dianggap sebagai pasangan yang ideal untuk menikah dan tidak akan mempengaruhi keberlangsungan rumah tangganya.

Selain karena faktor tahapan tumbuh kembang, ada banyak hal lain yang bisa mempengaruhi keberlangsungan rumah tangga pasangan yang sudah menikah seperti pengalaman di masa lalu, keluarga, hingga teman-teman dan juga lingkungannya.