Ibu yang Sedang Hamil Muda Sebaiknya Tidak Sembarangan Minum Teh Hijau

DokterSehat.Com – Banyak orang yang suka mengkonsumsi teh hijau di malam hari karena bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang setelah bekerja keras di siang hari. Tak hanya baik bagi pikiran, teh hijau juga dikenal luas mampu menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu kelancaran proses metabolisme, bahkan bisa membantu pembakaran lemak sehingga membuat tubuh tetap langsing. Sayangnya, bagi ibu hamil muda, ada baiknya konsumsi teh hijau tidak dilakukan dengan sembarangan karena dikhawatirkan bisa kurang baik bagi kondisi janinnya. Apa Alasan dari rekomendasi ini?

doktersehat-kehamilan-pregnancy

Andai ibu hamil muda mengkonsumsi teh hijau lebih dari dua cangkir setiap hari, dikhawatirkan mereka bisa melahirkan anak yang cacat. Fakta ini didapatkan dari hasil peneltian yang dilakukan oleh dr. Zuo Feng Zhang yang berasal dari University of Maryland Medical Center. Dr. Zuo hanya merekomendasikan ibu hamil muda untuk mengkonsumsi satu hingga dua cangkir teh hijau saja setiap harinya. Menurut dr. Zuo, konsumsi teh hijau secara berlebihan bisa membuat ibu hamil mendapatkan asupan tanin secara berlebihan sehingga meningkatkan resiko melahirkan anak yang cacat.

Dengan tingginya kadar tanin pada tubuh, maka penyerapan asam folat dan berbagai vitamin penting dari makanan pun akan terganggu. Padahal, asam folat dan vitamin tersebut sangatlah penting bagi perkembangan janin di dalam kandungan. Karena alasan inilah konsumsi teh hijau secara berlebihan dikhawatirkan bisa meningkatkan resiko anak terlahir dengan kondisi cacat.

Dr. Zao menyarankan ibu hamil muda dan semua kalangan masyarakat untuk membatasi asupan minuman yang memang terasa sangat nikmat dan menenangkan ini. Ada baiknya juga kita tidak meminumnya bersama dengan saat menyantap makanan karena bisa membuat penyerapan zat besi terganggu. Kita bisa menikmati teh hijau saat tidak dalam kondisi makan sehingga bisa mendapatkan manfaat sehatnya dengan maksimal.