Ibu yang Baru Saja Melahirkan Dengan Operasi Caesar Sebaiknya Mengkonsumsi Ikan Gabus

DokterSehat.Com – Tidak semua ibu hamil diperbolehkan untuk melakukan proses persalinan dengan normal karena berbagai alasan kesehatan tertentu. Meskipun memang lebih mudah untuk dilakukan jika dibandingkan dengan proses persalinan normal, ibu yang melahirkan dengan metode operasi Caesar juga harus memperhatikan banyak hal, khususnya dalam merawat luka jahitan agar bisa segera sembuh dan ibu pun bisa kembali melakukan berbagai aktifitas dengan normal.

doktersehat-lahir-bayi-ibu

Salah satu cara merawat bekas jahitan operasi Caesar setelah proses persalinan adalah dengan mengkonsumsi ikan gabus. Ya, meskipun sepertinya tidak berkaitan, pakar kesehatan menyebutkan jika ikan gabus memiliki kemampuan untuk membantu proses penyembuhan luka pada kulit, khususnya bagi ibu yang baru saja melakukan operasi Caesar.

Di dalam ikan gabus, kita bisa menemukan kandungan tinggi albumin, dimana di dalam satu ekor ikan gabus kita bisa menemukan 79,5 persen protein, 30,5 persen albumin, 5,95 persen mineral, dan 2,84 persen air. Albumin sendiri adalah semacam protein yang bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh, khususnya dalam membuat luka jahitan menjadi lebih cepat kering dan menyembuhkan bengkak pada luka sehingga proses pemulihan setelah operasi pun bisa menjadi lebih cepat.

Tak hanya membantu dalam mempercepat proses penyembuhan luka, konsumsi ikan gabus juga dipercaya sangat mendukung kebutuhan gizi bagi ibu menyusui. Kandungan protein pada ikan gabus cenderung mudah dicerna oleh tubuh sehingga bisa membantu produksi ASI pada ibu tetap lancar.

Lantas, bagaimanakah cara terbaik untuk mengkonsumsi ikan gabus bagi ibu yang baru saja melahirkan? Pakar kesehatan menyebutkan jika tidak ada cara khusus untuk mengolahnya, cukup dimasak sebagaimana ikan-ikan pada umumnya. Dengan rutin mengkonsumsi ikan gabus ini, maka ibu yang baru saja melakukan operasi Caesar diharapkan bisa segera sembuh dan merawat bayinya agar tetap tumbuh dengan sehat.