Ibu yang Baru Saja Hamil Sebaiknya Rutin Mengkonsumsi Sup Kacang Merah

DokterSehat.Com – Fase trimester pertama kehamilan adalah fase krusial dalam perkembangan janin di dalam kandungan. Memang, pada fase ini, banyak ibu hamil yang belum merasakan adanya perubahan berarti di dalam tubuhnya. Namun, ibu hamil tentu harus mulai menjaga asupan makanannya sehari-hari agar bisa mendukung perkembangan dan kesehatan janin dengan maksimal. Pakar kesehatan sendiri sangat merekomendasikan asupan yang kaya akan kalsium, vitamin, asam folat, dan juga protein. Untuk memenuhi kebutuhan protein harian dari ibu hamil, ada salah satu makanan yang sangat lezat yang bisa secara rutin dikonsumsi, yakni sup kacang merah.



Mengapa sup kacang merah? Pakar kesehatan menyebutkan jika kacang merah adalah salah satu bahan makanan yang dikenal kaya akan kandungan protein dan serat. Selain bisa menjadi sumber energi tubuh, kandungan tersebut juga bisa membat perkembangan janin menjadi semakin maksimal. Tingginya kadar vitamin dan mineral dalam kacang merah juga akan mendukung kinerja ginjal ibu hamil dan kesehatan janin.

Sudah menjadi rahasia umum jika pada trimester pertama kehamilan, ibu hamil akan kerap merasaka mual-mual atau terkena masalah morning sickness. Beruntung, dengan mengkonsumsi sup kacang merah di pagi hari, maka ibu hamil bisa meredakan mual-mual sehingga Ia pun tetap mendapatkan asupan makanan yang sehat yang bisa menjadi sumber tenaga dan mencegahnya mudah merasa lelah. Selain sup kacang merah, ibu hamil juga bisa membuat bubur kacang merah yang tak kalah lezatnya sebagai variasi.

Lantas, apakah sulit membuat sup kacang merah atau bubur kacang merah? Memang, akan cukup merepotkan karena kita harus merendam kacang merah dalam wadah air semalaman agar kacang merah mengembang dan menjadi lebih empuk terlebih dahulu sebelum dijadikan sup atau bubur. Namun, demi kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin, tentu tidak masalah bukan kita rutin mengkonsumsi makanan sehat ini?