Selama Kehamilan Sebaiknya Menghindari Konsumsi Junk Food Terlebih Dahulu

DokterSehat.Com – Ada sebuah hal yang menarik tentang ibu yang sedang dalam kondisi hamil yakni mereka terkadang ngidam atau memiliki keinginan untuk mengkonsumsi makanan tertentu. Sayangnya, ada sebagian wanita yang memiliki keinginan berlebih untuk mengkonsumsi junk food. Padahal, saat hamil adalah saat dimana ibu sebaiknya mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi demi kesehatan tubuhnya dan juga pertumbuhan sang janin. Junk food yang miskin akan nutrisi tentu tidak akan mampu memenuhi kebutuhan tersebut, bukan?

doktersehat-fast-food-junk-makanan-cepat-saji-kanker-nugget-pizza-kehamilan

Pakar kesehatan menyebutkan jika andai ibu hamil memiliki keinginan untuk kerap mengkonsumsi junk food, maka akan ada resiko kesehatan yang mengintai bagi janin dan juga ibunya. Sebuah penelitian bahkan menyebutkan jika ibu yang sering mengkonsumsi junk food akan membuat buah hatinya memiliki resiko terkena masalah obesitas, diabetes, hingga penyakit jantung saat sang anak tumbuh dewasa. Hal ini disebabkan karena saat masih dalam kandungan, Ia sudah terpapar banyak sekali lemak jenuh yang bisa mempengaruhi kesehatan tubuhnya. Yang mengerikan adalah, resiko terkena berbagai masalah kesehatan yang berbahaya ini bahkan bisa menurun hingga ke keturunan selanjutnya.

Pakar kesehatan dr. Kelle Moley yang berasal dari School of Medicine’s Craner Professor of Obstetrics and Gynecology menyebutkan jika seorang ibu yang memiliki riyawat kesehatan yang buruk bisa menurunkan gen kesehatan buruk ini pada anaknya. Padahal, dengan banyak mengkonsumsi junk food, kesehatan ibu juga biasanya akan cenderung memburuk mengingat banyaknya asupan lemak jenuh yang dikonsumsi.

Dengan adanya fakta ini, ada baiknya ibu hamil berpikir ulang untuk mengkonsumsi makanan junk food selama masa kehamilan meskipun sangat menginginkannya. Demi kesehatan dan pertumbuhan optimal sang janin di dalam kandungan, tentu sebaiknya ibu hamil menjaga pola makan yang sehat, bukan?