Ibu Rumah Tangga Ternyata Rentan Terkena Diabetes

DokterSehat.Com – Banyak sekali orang yang menyepelekan betapa susahnya seorang ibu rumah tangga. Hanya karena berada di rumah seharian dan tidak bekerja layaknya pria pada umumnya, bukan berarti ibu rumah tangga bisa bersantai seharian di rumah mengingat cukup banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan. Sayangnya, pakar kesehatan dr. Em Yunir, Sp.PD-KEMD, menyebutkan jika wanita yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga ternyata memiliki resiko yang cukup besar untuk mendapatkan penyakit diabetes jika dibandingkan dengan pria.

doktersehat-gagal-ginjal-Hemoialisis-konsultasi

Dr. Yunir berkata jika penderita penyakit diabetes di Indonesia cukup tinggi, namun, dari data yang ada, ibu rumah tangga memiliki resiko besar terkena diabetes tipe dua. Ada beberapa penyebab mengapa resiko ini muncul; Yang pertama adalah kegiatan sehari-hari ibu rumah tangga tidaklah seintens pria yang bekerja, apalagi kini ada banyak peralatan yang membantu kinerja ibu rumah tangga layaknya mesin cuci atau alat pembersih rumah yang lebih mudah dipakai. Selain itu, ada juga kemungkinan faktor hormonal yang diderita oleh seorang wanita yang mempengaruhi resikonya terkena diabetes.

Dr. Yunir menyebutkan jika seorang ibu rumah tangga bisa mengalami perubahan hormon, khususnya jika Ia sudah mengalami fase menopause dimana produksi hormon estrogen akan menurun dengan tajam. Padahal, hormon estrogen inilah pelindung pembuluh darah yang sangat baik. Jika hal ini terjadi, resiko terkena beberapa masalah kesehatan layaknya diabetes atau bahkan tekanan darah tinggi pun meningkat dengan tajam.

Karena adanya resiko terkena penyakit diabetes tipe 2 ini, pakar kesehatan pun menyarankan para ibu rumah tangga untuk lebih baik dalam menjaga gaya hidup sehat, khususnya dalam menjaga pola makannya sehari-hari. Selain itu, sering-seringlah melakukan aktivitas fisik yang tentu akan membuat badan semakin sehat dan terbebas dari berbagai macam resiko penyakit.