Ibu Menyusui Sebaiknya Menghindari Makanan dan Minuman Berikut Ini

DokterSehat.Com – Ibu menyusui memang sebaiknya mengkonsumsi makanan-makanan bergizi untuk memastikan bahwa anaknya bisa mendapatkan berbagai nutrisi yang baik sehingga kesehatan dan perkembangan tubuhnya bisa tetap maksimal. Tak hanya mengkonsumsi makanan yang bergizi, ternyata ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu menyusui. Apa sajakah makanan-makanan tersebut?

doktersehat-menyusui-kehamilan

Minuman berkafein
Beberapa minuman berkafein layaknya kopi atau teh ternyata sebaiknya dikurangi dulu konsumsinya setiap hari. Menurut pakar kesehatan, terlalu banyak mengkonsumsi minuman berkafein ternyata bisa mempengaruhi waktu istirahat bayi atau bahkan bisa membuat bayi cenderung tidak rileks. Konsumsi minuman berkafein dikhawatirkan bisa membuat bayi cenderung lebih rewel dan mengalami susah tidur. Padahal, tidur yang berkualitas dalam waktu yang lama adalah salah satu kunci pertumbuhan bayi tetap maksimal.

Makanan yang kaya akan bawang putih
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa makanan yang memiliki banyak bawang putih ternyata bisa mempengaruhi rasa dan juga bau ASI. Jika ASI terasa kurang nikmat atau berbau, maka bayi bisa saja malas mengkonsumsi ASI dan hal ini bisa membuatnya lebih mudah rewel. Tak hanya itu, bayi yang malas mengkonsumsi ASI juga dikhawatirkan akan kekurangan berbagai nutrisi yang sangat penting bagi perkembangan tubuhnya.

Buah yang terasa asam
Beberapa buah yang rasanya sangat asam layaknya lemon ternyata sebaiknya dihindari terlebih dahulu karena dikhawatirkan bisa mempengaruhi saluran pencernaan pada perut bayi. Dalam beberapa kasus, ibu menyusui yang mengkonsumsi buah-buahan yang terlalu asam bisa membuat bayi mudah muntah saat mengkonsumsi ASI.

Minuman beralkohol
Sudah menjadi rahasia umum jika minuman beralkohol adalah minuman yang tidak sehat bagi kesehatan tubuh, apalagi jika dikonsumsi oleh ibu menyusui secara berlebihan. Ada baiknya memang ibu menyusui tak lagi meminum minuman yang tidak sehat ini demi kesehatan tubuhnya dan buah hatinya.