Ibu Menyusui Makan Pedas Bisa Memicu Diare Pada Bayinya?

DokterSehat.Com– Ada sebuah kepercayaan yang diyakini oleh sebagian besar masyarakat tanah air dimana ibu menyusui sebaiknya tidak makan pedas karena bisa membuat buah hatinya mengalami diare. Hal ini disebabkan oleh rasa ASI yang menjadi lebih pedas dari biasanya. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-lahir-bayi-ibu

Pakar kesehatan dr. Boy Abidin, SPOG menyebutkan bahwa hal ini ternyata hanyalah mitos yang tidak benar adanya. Makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui memang akan diolah menjadi bahan utama ASI yang akan dikonsumsi bayi, namun rasa dari makanan ini sama sekali tidak akan mengubah rasa dari ASI.

Setelah ditelan, makanan akan masuk ke dalam lambung dan kemudian diserap nutrisinya. Nutrisinya inilah yang akan dialirkan bersama dengan darah dan diolah menjadi ASI. Rasa dari makanan ini sama sekali tidak akan mempengaruhi rasa ASI karena sudah tersaring di saluran pencernaan sehingga bisa dipastikan bahwa rasa ASI tetaplah sama saja.

Dr. Boy pun lebih menyarankan ibu menyusui untuk menjaga asupan makanannya agar selalu sehat dan bergizi seimbang karena bisa mendukung kesehatan tubuhnya dan membuat ASI menjadi lebih bernutrisi sehingga mendukung perkembangan serta kesehatan bayinya. Tak hanya itu, ada baiknya ibu menyusui juga menghindari stress dan banyak beristirahat. Jika hal ini tidak dilakukan, dikhawatirkan produksi ASI bisa terganggu dan hal ini bisa membuat bayi kekurangan nutrisi atau bahkan cenderung lebih rewel.

Untuk makanan pedas, ada baiknya ibu menyusui memang mewaspadainya lebih karena agar dirinya tidak mengalami gangguan pencernaan atau mengalami diare, bukannya buah hatinya yang akan mengalami masalah kesehatan tersebut.