Ibu Menyusui Akan Terhindari Dari Resiko Diabetes Tipe 2

DokterSehat.Com – Sudah menjadi rahasia umum jika ASI akan memberikan dampak kesehatan yang sangat luar biasa positif bagi sang buah hati. Bagaimana tidak, selain memberikan nutrisi yang dibutuhkan bayi untuk berkembang, ASI juga bisa membuat sistem kekebalan dan kecerdasannya menjadi jauh lebih baik. Tahukah anda, selain bagi sang bayi, menyusui ternyata juga bisa memberikan kebaikan bagi sang bunda. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan jika dengan rajin menyusui, ibu akan terhindar dari penyakit diabetes tipe 2. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-ibu-bayi-suara-perkembangan-otak

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Kaiser Permanente yang berada di Oakland, California, menunjukkan fakta dimana menyusui juga akan membuat sistem kekebalan sang bunda menjadi jauh lebih baik dimana resiko terkena diabetes tipe 2 pun akan menurun dengan drastis. Padahal, pakar kesehatan menyebutkan jika ibu hamil sendiri memiliki resiko terkena diabetes gestasional, sebuah penyakit yang hanya muncul pada masa kehamilan saja. Namun, begitu proses menyusui berlangsung, baik ibu yang telah mengalami diabetes gestasional sebelumnya atau memiliki riwayat kesehatan yang baik, maka keduanya memiliki resiko terkena diabetes tipe 2 sangat rendah.

Dari penelitian ini diketahui jika banyak ibu yang dimasa kehamilannya terkena diabetes gestasional ternyata beresiko bisa meneruskan penyakit ini hingga dua tahun setelah kelahirannya. Bahkan, jika tidak ditangani dengan benar, ditakutkan diabetes ini akan berkembang menjadi diabetes tipe 2 yang sangat berbahaya. Salah satu peneliti bernama Erica Gunderson menyebutkan jika pengaruh perubahan hormon selama kehamilan menjadi penyebab utama munculnya penyakit diabetes ini.

Uniknya, saat proses menyusui dimulai, maka ibu pun mulai memiliki kadar glukosa dalam tubuh yang jauh lebih rendah sehingga produksi insulin pun cenderung menurun. Dalam masa ini, sel beta pankreas dari tubuh ibunda pun cenderung lebih banyak memiliki waktu untuk rileks dan membuat pemulihan penyakit diabetes menjadi lebih menurun.