Ibu Ini Tertidur Saat Melahirkan

DokterSehat.Com – Mengingat adanya kontraksi dan rasa sakit yang muncul pada saat proses persalinan, tentu akan menjadi hal yang aneh jika kita mendengar ada ibu hamil yang ketiduran justru saat melahirkan. Namun, hal ini benar-benar terjadi di Inggris. Seorang ibu bernama Alice Payne melakukannya di Royal Derby Hospital pada 16 Desember 2016 lalu. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-sifilis-kongenital-bayi-Harlequin-Ichthyosis-mikrosefali

Saat tanggal tersebut, usia kehamilan Alice sudah mencapai 38 minggu, usia dimana proses persalinan memang lazim terjadi. Alice pun akhirnya mendapatkan induksi agar bisa segera melahirkan. Namun, induksi ini sama sekali tidak memberikan pengaruh. Para dokter dari rumah sakit tersebut akhirnya menyuntikkan syntocinon dengan tujuan meningkatkan intensitas kontraksi sehari setelahnya. Setelah itu, alat pengukur kontraksi juga dipasang untuk membantu mendeteksi adanya kontraksi pada tubuh Alice. Berdasarkan alat ini, tim dokter menganggap proses persalinan Alice masih lama sehingga mereka pun memberikannya obat tidur dengan harapan Alice akan memiliki tenaga untuk melahirkan bayinya nanti. Namun, hal yang tidak disangka terjadi.

Setengah jam setelah obat ini diberikan, dokter ternyata berkata bahwa Alice sudah siap untuk melahirkan. Sayang, Alice masih dalam pengaruh obat tidur sehingga Ia pun masih terlelap padahal bayi di dalam kandungannya sudah siap untuk keluar. Para dokter dan perawat pun panik karena berpikir jika wanita berusia 23 tahun ini tak akan mampu mengejan sehingga mereka pun bersiap untuk melakukan operasi Caesar.

Beruntung, di dalam tidurnya, Alice sempat mendengar panggilan John, suaminya, yang memintanya untuk segera mengejan. Alice pun langsung terbangun dan seperempat jam kemudian berhasil melahirkan bayinya secara normal. Yang luar biasa adalah, segera setelah melahirkan sang buah hati, Alice langsung kembali tertidur hingga dua jam kemudian.

Baca Juga:  Bayi Kembar Tiga Ini Dilahirkan Selama Enam Hari

Bayi yang berjenis kelamin laki-laki ini terlahir dengan kondisi sehat dengan berat 2,8 kg. John dan Alice pun akhirnya menamainya Philip. Setelah proses persalinan yang menghebohkan ini, mereka sekeluarga akhirnya bisa keluar dari rumah sakit dengan kondisi sehat.