Ibu Ini Melahirkan Bayi ‘Putri Duyung’

doktersehat_putri_duyung
Photo Source: SWNS

DokterSehat.Com– Ibu berusia 25 tahun bernama Diskhsa Kamble terkejut tatkala dokter menyebut bayi yang baru saja dilahirkannya memiliki kondisi sindrom putri duyung.

Dilansir dari The Sun, bayi yang dilahirkan di sebuah rumah sakit di India bagian barat ini mengalami kondisi yang dalam dunia medis disebut sebagai sirenomelia. Kondisi ini sangat langka dan membuat penderitanya mengalami ketidaknormalan pada tulang belakang bagian bawah dan kaki.

Disksha hanya pernah menjalani USG sekali saat hamil, tepatnya saat fase awal kehamilan sehingga tidak benar-benar menyadari kondisi buah hatinya hingga melahirkannya. Sebagai informasi, Disksha dibawa suaminya, Nanoba Kamble, ke rumah sakit Swami Ramanand Teerth Rural Medical College pada Senin pagi, 21 Mei 2018 kemarin.

Sang bayi hanya memiliki berat sekitar 1,5 kg. Karena kakinya tergabung, dokter juga tidak bisa menentukan jenis kelaminnya. Dokter Sanjay Bansode yang berasal dari rumah sakit tersebut mengaku terkejut tatkala mengetahui sang bayi memiliki bentuk seperti putri duyung.

“Kejadian ini sangat langka. Sang ibu datang pada pukul 7 pagi dan dua jam kemudian melahirkan dengan proses persalinan normal. Kami sangat terkejut melihat kondisi sang bayi,” ucap Dr. Sanjay.

Tak hanya memiliki kaki yang tergabung dan tidak memiliki alat kelamin, sang bayi ternyata juga mengalami ketidaknormalan pada paru-paru dan ginjal. Berbagai kondisi ini membuatnya hanya mampu bertahan hidup selama 15 menit saja sebelum akhirnya meninggal dunia.

Sang ayah, Nanoba, berkata bahwa putra pertama mereka juga meninggal karena cacat lahir tiga tahun lalu. Mereka kemudian berhasil mendapatkan putri dengan kondisi sehat. Sayangnya, anak ketiga mereka justru terlahir dengan kondisi ini.