Ibu Hamil Yang Stress Beresiko Membuat Anak Mengalami Masalah Motorik

DokterSehat.Com – Masa kehamilan adalah masa dimana ibu hamil harus berhati-hati untuk menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah sakit mengingat kondisi kesehatan ibu hamil bisa mempengaruhi kesehatan dan tumbuh kembang bayi di dalam rahim. Kita tentu sering melihat ibu hamil yang menjaga asupan makanan dengan baik dan mendapatkan istirahat yang cukup demi mendapatkan bayi yang sehat saat lahir nanti. Sayangnya, aktivitas yang selalu dilakukan dengan hati-hati ini bisa memicu stress pada ibu hamil karena tidak terlalu bebas melakukan banyak aktifitas. Stress pada ibu hamil sendiri bisa memicu masalah motorik pada bayi di dalam kandungan sehingga kita tentu harus pandai-pandai dalam menjaga kondisi pikiran dan psikologis ibu hamil agar tidak mudah stress.

doktersehat-kehamilan-hamil

Ada sebuah studi kesehatan di Australia yang menunjukkan bahwa jika seorang ibu hamil mengalami kondisi stress yang cukup serius, bisa jadi anak yang dilahirkan nantinya menjadi anak yang cenderung canggung dan kurang terkooordinasi. Stress yang dialami ibu hamil berpengaruh besar pada perkembangan motorik si anak saat menginjak remaja, khususnya pada sensor motorik korteks serebelar yang memiliki pengaruh besar pada pengendalian gerakan layaknya koordinasi dan juga beberapa kegiatan yang membutuhkan akurasi waktu atau ketepatan.

Terdapat banyak sekali hal yang bisa memicu masalah stress pada ibu hamil. Biasanya, ibu hamil cenderung akan mudah mengalami stress jika kondisi keuangan rumah tangga kurang stabil. Masalah pekerjaan dan juga kondisi hubungan suami istri yang kurang harmonis juga bisa memicu masalah stress ini. Hanya saja, stress yang sangat besar bisa dipicu oleh adanya kematian keluarga atau bahkan perpisahan dengan pasangan dalam kondisi hamil.

Ibu hamil sebisa mungkin harus dijaga dari kondisi yang bisa memberikan stress dan tekanan. Komunikasi suami istri yang lebih intens dan lebih baik bisa membuat pikiran ibu hamil menjadi lebih tenang. Jika kondisi pekerjaan dianggap mudah memberikan rasa stress pada ibu hamil, ada baiknya ibu hamil harus berpikir ulang untuk terus bekerja dengan kondisi ini mengingat pengaruh besar pada perkembangan motorik sang buah hati nantinya.