Ibu Hamil yang Sedang Ngidam Sebaiknya Menghindari Makanan-Makanan Berikut

DokterSehat.Com – Saat hamil muda, cukup banyak ibu yang ngidam atau memiliki keinginan untuk mengkonsumsi makanan-makanan tertentu. Menurut pakar kesehatan, hal ini sangat wajar terjadi karena pada trimester awal kehamilan, terjadi perubahan hormon yang membuat ibu hamil mengalami perubahan nafsu makan. Meskipun diperbolehkan, ada baiknya ibu hamil juga tidak sembarangan mengkonsumsi makanan hanya karena ingin memenuhi keinginan ngidamnya. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil muda yang sedang ngidam.

doktersehat-hamil-susu-oatmeal

Makanan asin dan kaya penyedap
Beberapa jenis makanan atau camilan memang kaya akan kandungan garam dan MSG. Jika ibu hamil muda mengkonsumsinya dengan berlebihan, maka dikhawatirkan mereka bisa mengalami tekanan darah tinggi yang tentu akan berdampak negatif bagi kesehatan ibu hamil maupun janinnya.

Makanan yang memiliki bahan pewarna buatan
Banyak camilan yang sangat diinginkan oleh ibu hamil ternyata memiliki bahan pewarna buatan yang tentu tidak sehat bagi kesehatan ibu sekaligus janin di dalam kandungannya. Mengkonsumsi makanan yang kaya pewarna buatan ini juga bisa membuat ibu hamil mudah terkena sakit kepala.

Makanan berkalori tinggi
Jangan sembarangan mengkonsumsi makanan berkalori tinggi, apalagi dengan porsi yang cukup banyak. Meskipun ibu hamil sangat menginginkannya, pastikan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Jika perlu, konsultasikanlah pada dokter untuk mengetahui seberapa banyak kadar kalori harian yang direkomendasikan bagi ibu hamil.

Minuman bersoda
Sudah menjadi rahasia umum jika minuman bersoda adalah minuman yang tidak sehat mengingat tingginya kadar gula pada minuman ini. Jika ibu hamil sedang ngidam minuman bersoda ini, ada baiknya jangan mengkonsumsinya secara berlebihan karena bisa saja memicu diabetes pada ibu hamil atau membuat janin memiliki berat badan berlebihan.