Ibu Hamil yang Rajin Minum Air Kelapa Akan Membuat Kulit Bayinya Lebih putih?

DokterSehat.Com– Air kelapa memang sudah dikenal luas memiliki nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan. Bahkan, ada sebuah kepercayaan yang dikenal luas masyarakat dimana ibu hamil yang rajin minum air kelapa akan membuat bayi di dalam kandungannya terlahir dengan kulit yang lebih putih dan bersih. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-air-kelapa-untuk-ibu-hamil

Pakar kesehatan dr. Karin Wiradarma menyebutkan bahwa air kelapa kaya akan nutrisi, termasuk vitamin C. Kandungan inilah yang sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit, termasuk kulit bayi yang ada di dalam kandungan. Hanya saja, kandungan di dalam air kelapa tidak akan mampu mengubah warna kulit bayi. Menurut dr. Karin, kandungan vitamin C ini akan membentuk kolagen pada kulit bayi sehingga membuatnya lebih kenyal, bukannya mengubah warna kulit karena memang tidak akan terjadi.

Dengan adanya penjelasan ini, bisa dipatikan bahwa minum air kelapa saat hamil bisa membuat kulit bayi menjadi lebih putih hanyalah mitos belaka. Hanya saja, air kelapa memang bisa memberikan banyak manfaat bagi ibu hamil seperti mencegah dehidrasi dan infeksi saluran kemih.

Meskipun bagus bagi kesehatan ibu hamil, dr. Karin melarang asupan air kelapa bagi bayi. Menurut dr. Karin, sebelum usia bayi genap 6 bulan, Ia sebaiknya hanya diberikan ASI secara eksklusif. Setelahnya, bayi baru diberi tambahan lain berupa MPASI hingga usianya mencapai 2 tahun. Jika orang tua ingin mengenalkan air kelapa pada buah hatinya, ada baiknya menunggu hingga usianya melebihi 1 tahun karena di usia inilah saluran pencernaannya sudah lebih siap untuk mendapatkan makanan yang biasa dikonsumsi oleh orang dewasa.