Ibu Hamil yang Menjadi Vegetarian Beresiko Tinggi Melahirkan Bayi Secara Prematur

DokterSehat.Com – Bagi banyak orang, menjadi vegetarian adalah salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan terbebas dari berbagai macam penyakit. Selain itu, menjadi vegetarian juga akan membuat kita memiliki berat badan yang ideal. Namun, sebuah pertanyaan pun muncul, andai seorang ibu hamil menjadi seorang vegetarian, mereka tentu akan kekurangan beberapa nutrisi yang memang ada dalam makanan berbahan daging. Apakah hal ini bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan dan perkembangan janinnya?

doktersehat-ibu-hamil-kehamilan-makan-bergizi

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Akershus University Hospital yang ada di Oslo, Norwegia, para pakar kesehatan menyarankan para ibu yang menjadi vegetarian untuk tidak melakukan program diet ini andai ingin merencanakan kehamilan, saat hamil, hingga saat menyusui. Dengan tidak menjadi vegetarian, kesehatan ibu hamil, janin di dalam kandungan, atau bayi yang sedang menyusui, bisa tetap terjaga mengingat mereka terus mendapatkan nutrisi yang sehat dari daging-dagingan atau ikan.

Jika ibu hamil tetap memaksakan diri menjadi seorang vegetarian, maka mereka tentu tidak akan mendapatkan nutrisi baik dari daging, ikan, telur, atau sejenisnya sehingga akan meningkatkan kelahiran bayi secara prematur. Selain itu, tanpa adanya bahan makanan tersebut, ibu hamil juga akan kekurangan nutrisi layaknya protein, vitamin B12, dan berbagai nutrisi lainnyayang tentu akan meningkatkan resiko kandungan yang lemah. Selain itu, janin di dalam kandungan juga akan cenderung kurang berenergi dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Pakar kesehatan menyarankan ibu hamil untuk selalu mencukupi kebutuhan gizinya setiap hari dengan cara mengkonsumsi makanan baik itu sayuran, buah-buahan, hingga sumber protein layaknya daging, ikan, biji-bijian, dan lain sebagainya. Selain itu, ibu hamil juga sebaiknya tetap berolahraga, mendapatkan waktu istirahat yang cukup, dan menghindari alkohol dan juga asap rokok.