Ibu Hamil yang Kekurangan Vitamin D Berpotensi Terkena Diabetes

DokterSehat.Com – Setiap ibu hamil tentu harus menjaga kondisi kesehatannya dengan lebih baik. Bagaimana tidak, mereka harus selalu memastikan janin di dalam kandungannya bisa berada dalam kondisi yang sehat dan mendapatkan nutrisi terbaik agar bisa tumbuh dengan maksimal. Untuk memastikannya, ibu hamil disarankan untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat dengan kadar gizi yang seimbang setiap hari. Salah satu nutrisi yang sebaiknya selalu dipenuhi oleh ibu hamil adalah vitamin D.

doktersehat-senam-hamil-olahraga

Pakar kesehatan menyarankan ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan vitamin D dengan cara menikmati sinar matahari pagi. Tak hanya berjemur, ibu hamil juga bisa sekalian melakukan olahraga ringan agar bisa mendapatkan tubuh yang semakin sehat dan bugar. Selain itu, ibu hamil juga bisa mendapatkan vitamin D dari suplemen tambahan atau dengan rutin mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin ini layaknya susu.

Lantas, mengapa ibu hamil harus memenuhi kebutuhan vitamin D-nya? Menurut sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul British Medical Journal, asupan vitamin D ternyata memiliki pengaruh besar pada kondisi kesehatan ibu dan janin, sekaligus perkembangan janin di dalam kandungan. Dengan mencukupi asupan vitamin D, maka ibu akan menurunkan resiko terkena komplikasi kehamilan. Bagaimana tidak, andai ibu hamil kekurangan asupan vitamin D, maka Ia akan meningkatkan resiko terkena diabetes yang muncul selama masa kehamilan atau yang dikenal sebagai diabetes gestasional. Tak hanya itu, andai ibu kekurangan asupan vitamin ini, resiko terkena masalah darah tinggi juga akan meningkat. Padahal, darah tinggi bisa meningkatkan resiko saat melakukan proses persalinan.

Tak hanya bagi kesehatan ibu hamil, kekurangan asupan vitamin D juga disebut-sebut bisa menyebabkan bayi yang dilahirkan nantinya akan memiliki berat badan yang rendah. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang ibu hamil selalu menjaga asupan vitamin D-nya tetap cukup.