Ibu Hamil yang Ingin Berolahraga Harus Memperhatikan Hal-Hal Berikut Ini

DokterSehat.Com – Meskipun mengalami perubahan fisik yang signifikan dan cenderung lebih mudah merasa lelah, ibu hamil tentu sebaiknya tetap melakukan olahraga demi kesehatan tubuhnya dan janin di dalam kandungan. Hanya saja, olahraga yang dilakukan saat hamil tentu tidak boleh harus dilakukan dengan sembarangan. Apa sajakah yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil saat berolahraga?

doktersehat-renang-kehamilan

Pakar kesehatan dr. Jessica Shepard yang berasal dari University of Illinois, Chicago, Amerika Serikat, menyebutkan jika adanya perubahan hormon progesteron pada ibu hamil bisa membuat persendian dan ligamen menjadi lebih lentur, hal ini tentu akan membuat resiko cedera saat berolahraga akan jauh lebih besar. Karena alasan inilah, ada baiknya ibu hamil harus berhati-hati dan tidak terlalu memaksakan diri saat berolahraga.

Saat berolahraga, ibu hamil sebaiknya tidak menargetkan kenaikan detak jantung yang memang bisa didapatkan dengan melakukan olahraga berintensitas tinggi. Dr. Shepard sendiri lebih menyarankan ibu hamil untuk melakukan olahraga dengan intensitas sedang yang bisa membuatnya lebih berkeringat saja layaknya berjalan santai, berenang, menaiki sepeda statis dengan santai, dan yoga serta pilates khusus bagi ibu hamil.

Saat berolahraga, ibu hamil juga harus lebih memperhatikan tanda-tanda dari tubuhnya. Andai mereka mulai merasakan sesak nafas, pusing-pusing, hingga rasa lelah, ada baiknya, olahraga segera dihentikan dan ibu hamil mulai mengambil istirahat. Andai dipaksakan, bisa jadi distribusi oksigen di dalam tubuh tidak akan lancar dan bayi pun tidak akan mendapatkan oksigen yang sangat penting bagi kelangsungan hidupnya di dalam kandungan.

Pakar kesehatan lain, dr. Connie Faro dari The Woman’s Hospital of Texas, Amerika Serikat, menyarankan ibu hamil untuk melakukan olahraga yang bisa membuatnya lebih berenergi, bukannya membuatnya kehilangan energi. Dengan melakukan olahraga yang tepat, maka kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan pun akan tetap terjaga.