Ibu Hamil Tua Bolehkah Berpuasa?

DokterSehat.Com – Beberapa hari lagi kita akan kembali bertemu dengan bulan suci ramadhan. Pada hari-hari di masa mendatang, kita tentu akan menemukan banyak sekali orang yang tidak makan dan minum seharian. Meskipun bagi banyak orang dan pakar kesehatan termasuk kegiatan yang aman dan sehat untuk dilakukan, tidak semua orang ternyata diperbolehkan untuk melakukan ibadah puasa karena berbagai alasan, khususnya yang disebabkan oleh faktor kesehatan. Namun, bagi ibu hamil yang menjelang proses persalinan, ada baiknya memang berpuasa tidak dilakukan terlebih dahulu agar persalinan nantinya berjalan dengan lancar.

doktersehat-kehamilan-hamil

Menurut pakar kesehatan dr. Taraneh Shirazian, pada jaman dahulu, banyak dokter yang menyarankan ibu hamil yang menjelang persalinan untuk berpuasa karena adanya resiko makanan dan minuman bisa terserap ke organ paru-paru. Namun, setelah adanya penelitian yang dilakukan oleh American Society of Anesthesiologists, pendapat ini kemudian terbantahkan. Pakar kesehatan yang melakukan penelitian ini justru menunjukkan fakta bahwa kaum hawa dengan kondisi yang sehat dan mendapatkan asupan bergizi seimbang menjelang proses melahirkan bisa mempengaruhi kelancaran persalinan.

Jika ibu hamil tua yang menjelang proses persalinan berpuasa, dikhawatirkan Ia tidak memiliki energi yang cukup besar untuk melakukan proses persalinan sehingga banyak cadangan lemak di dalam tubuh yang akhirnya terbakar. Jika hal ini terjadi, kontraksi saat proses persalinan dikhawatirkan terganggu dan proses persalinan bisa berlangsung dengan lebih lama.

Dengan adanya fakta ini, ibu yang sedang hamil dan menjelang proses persalinan memang sebaiknya menahan diri untuk berpuasa terlebih dahulu demi kelancaran proses persalinan. Selain berpengaruh pada kesehatan sang ibu, hal ini juga berkaitan dengan kondisi kesehatan dan keselamatan sang buah hati nantinya.