Ibu Hamil Tidak Doyan Susu? Begini Caranya Agar Tetap Bisa Mencukupi Kebutuhan Kalsium

doktersehat-hamil-susu-oatmeal

DokterSehat.Com– Salah satu jenis minuman yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah susu. Dengan mengkonsumsinya, maka ibu akan mencukupi kebutuhan kalsium yang sangat penting bagi perkembangan tulang buah hatinya maupun kesehatan tulang tubuhnya sendiri.

Pakar kesehatan dr. Julia Dewi Nerfina, MGizi, SpGK menyebutkan bahwa untuk mendapatkan asupan kalsium, ibu hamil dan menyusui sebaiknya rajin minum susu atau mengkonsumsi beberapa produk turunan susu layaknya keju. Sayangnya, tidak semua orang, termasuk ibu hamil yang suka minum susu. Beberapa diantaranya bahkan bisa sampai merasa mual atau muntah saat mengkonsumsinya. Jika hal ini terjadi, bagaimana caranya agar ibu hamil bisa mencukupi kebutuhan kalsiumnya?

Dr. Julia menyebutkan bahwa meskipun memang ada banyak makanan atau minuman lain yang bisa menyediakan kebutuhan kalsium, ibu hamil sangat membutuhkan kalsium yang berasal dari susu karena memang pada saat inilah kebutuhan akan kalsiumnya sangat besar. Untungnya, kita bisa mengakali hal ini dengan membuat ibu hamil “tanpa sadar” minum susu, yakni dengan mengolah susu dengan cara yang berbeda agar tetap bisa dikonsumsi oleh mereka. Sebagai contoh, kita bisa membuat pudding atau skotel yang tentu sangat nikmat untuk dikonsumsi. Selain itu, kita bisa menambahkan susu pada cokelat atau dijadikan kue, yoghurt, atau es krim. Menambahkan yoghurt pada potongan buah juga bisa menyediakan kalsium dalam jumlah yang cukup bagi ibu hamil.

Jika ibu hamil memang mengalami intoleransi laktosa, maka mereka bisa mengkonsumsi susu sedikit demi sedikit dengan porsi yang kecil. Selain itu, cobalah untuk mengkonsumsi yoghurt atau es krim saja yang sepertinya akan lebih bisa memberikan rasa nyaman bagi pencernaan ibu hamil.