Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Pepaya?

DokterSehat.Com– Dibalik rasanya yang manis dan menyegarkan, pakar kesehatan menyebutkan bahwa buah pepaya ternyata sebaiknya tidak dikonsumsi dengan berlebihan. Bahkan, ibu hamil juga sebaiknya tidak sering menngkonsumsinya jika tidak ingin mendapatkan efek samping bagi kehamilannya. Berikut adalah bahaya dari mengkonsumsi buah pepaya dengan berlebihan.



Meningkatkan resiko keguguran
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa biji dan akar pepaya ternyata bisa menyebabkan keguguran. Bahkan, mengkonsumsi papaya muda ternyata juga bisa memicu kontraksi pada uterus. Memang, buah pepaya yang sudah matang biasanya tidak menyebabkan hal tersebut. Namun, ada baiknya memang ibu hamil menghindarinya saja.

Kurang baik bagi saluran pencernaan
Terlalu banyak mengkonsumsi buah pepaya juga bisa melukai saluran esofagus. Karena alasan inilah pakar kesehatan menyarankan konsumsi pepaya dalam sehari sebaiknya dibatasi hingga 1 cangkir saja.

Meningkatkan resiko cacat lahir
Kandungan papain dalam daun pepaya ternyata bisa meningkatkan resiko bayi yang terlahir dengan kondisi cacat lahir.

Memicu alergi
Buah pepaya memiliki kandungan getah atau lateks yang bisa memicu reaksi alergi bagi sebagian orang. Ibu hamil juga bisa mendapatkan efek yang sama sehingga sebaiknya tidak mengkonsumsinya.

Gangguan kesuburan
Bagi kaum pria, ekstrak biji buah pepaya ternyata bisa menurunkan kualitas, mobilitas, hingga jumlah sperma yang tentu akan memicu gangguan kesuburan.

Keracunan
Konsumsi buah pepaya dengan berlebihan bisa membuat terlalu banyak senyawa benzyl isothicocyanite yang memasuki tubuh. Yang menjadi masalah adalah, senyawa kimia ini bisa menyebabkan keracunan.

Menurunkan kadar gula darah
Bagi mereka yang harus mengkonsumsi obat untuk mengendalikan kadar gula dalam darah, konsumsi buah pepaya sebaiknya dilakukan dengan hati-hati karena bisa membuat kadar gula turun dengan signifikan.