Ibu Hamil Ternyata Rentan Terkena Masalah Gigi

DokterSehat.Com – Sudah menjadi rahasia umum jika ibu hamil cukup rentan untuk terkena berbagai masalah kesehatan. Karena adanya perubahan pada tubuhnya, banyak ibu hamil yang mengeluhkan rasa pegal-pegal atau bahkan pembengkakan pada kaki. Tak hanya itu, ibu hamil ternyata juga rentan untuk terkena masalah kesehatan gigi. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-sakit-karang-gigi

Pakar kesehatan gigi bernama drg. Irayani Queencyputri yang berasal dari Hendra Hidayat Dental Center atau HHDC menyebutkan jika saat hamil, seorang wanita akan memproduksi hormon estrogen dengan jumlah yang lebih tinggi dari sebelumnya sebagai mekanisme perlindungan pada janin. Sayangnya, tingginya kadar hormon estrogen ini bisa membuat beberapa bagian tubuh menjadi lebih sensitif, termasuk diantaranya bagi organ mulut, yakni pada gigi dan gusi.

Dokter yang kerap dipanggil sebagai drg. Rara ini berkata jika saat hormon estrogen cukup aktif, maka rongga mulut juga menjadi lebih sensitif. Andai sebelumnya ibu hamil sebenarnya sudah mengalami masalah layaknya karang gigi atau bahkan gigi berlubang, maka sensitivitas mulut ini akan membuat masalah kesehatan tersebut menjadi semakin parah saat hamil. Apalagi jika ibu hamil belum pernah melakukan scaling atau pembersihan karang gigi sebelumnya, Ia pun beresiko tinggi terkena masalah gigi atau pembengkakan pada gusi.

Drg. Rara berkata jika banyak ibu hamil yang mengeluhkan radang gusi atau pericoronitis yang seringkali disebabkan oleh adanya karang gigi yang menempel pada gusi. Kondisi ini bisa memicu rasa tidak nyaman bagi ibu hamil dan mengganggu pola makannya. Padahal, ibu hamil harus tetap menjaga pola makan sehat demi kesehatan janin, bukan? Karena alasan inilah, ada baiknya setiap wanita yang sedang merencanakan kehamilan segera melakukan perbaikan pada masalah gigi berlubang dan juga pembersihan karang gigi setidaknya sekali dalam enam bulan.

Baca Juga:  Plak Gigi dan Karang Gigi

Dengan rutin melakukan pengecekan kesehatan gigi dan pembersihan karang gigi, maka kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga dan ibu pun terbebas dari resiko terkena masalah gigi selama kehamilan.