Ibu Hamil Terkena Infeksi Gigi? Awas Kemungkinan Bayi Lahir Prematur

DokterSehat.Com – Penyakit gigi adalah salah satu hal yang sangat menyiksa. Yang menjadi masalah adalah, penyakit ini tidak mengenal siapa saja yang bisa diserang. Dalam beberapa kasus, ibu hamil juga bisa mengalami infeksi gigi atau gusi yang tentu sangat menyakitkan. Tak hanya mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut, infeksi gigi dan gusi ini ternyata bisa berpengaruh pada kesehatan kehamilan. Dalam beberapa kasus, masalah infeksi gigi ini bahkan bisa menyebabkan kelahiran bayi yang prematur.

doktersehat-ibu-hami-infeksi-gigi-bayi-lahir-prematur-sariawan

Pakar kesehatan dr. Boy Adikin SpOG(K) yang berasal dari Rumah Sakit Mitra Keluarga Jakarta menyebutkan jika ibu hamil yang mengalami infeksi gigi dan gusi akan meningkatkan resiko kelahiran bayi prematur atau kelahiran bayi dengan berat badan yang rendah 2,8 kali lebih besar dari biasanya. Hal ini dikarenakan ibu hamil yang terkena infeksi gigi juga akan mengalami pelebaran atau pelunakan pada pembuluh darahnya sehingga akan memicu perubahan hormon dan juga menurunkan kadar hemoglobin darah pada ibu hamil. Hasilnya? Kelahiran prematur pun sangat mungkin terjadi.

Yang menjadi masalah adalah, saat infeksi gigi dan gusi terjadi dan menyebabkan rasa sakit, banyak ibu hamil yang ketakutan untuk membersihkan giginya karena khawatir akan membuat gigi atu gusi berdarah sehingga penggunaan sikat gigi pun menurun frekuensinya. Jika hal ini dibiarkan, penderahan pada gusi sangat beresiko menyebabkan infeksi bakteri dan berbagai macam penyakit berbahaya.

Karena adanya fakta ini, dr. Boy Adikin pun menyarankan ibu hamil untuk lebih baik dalam menjaga kesehatan gigi dan gusinya selama masa kehamilan sehingga mencegah masalah infeksi gigi. Rutin menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur hingga rutin memeriksakan kesehatan gigi bisa mencegah hal ini terjadi. Selain itu, perhatikan jika ada karang gigi yang muncul karena karang gigi inilah yang bisa memicu pendarahan dan infeksi pada gigi.